Cara Memindahan Bibit Unggul yang Benar

Bibit adalah bahan tanaman atau individu baru yang sudah siap ditanam pada lahan terbuka. Bibit ini juga ikut andil dalam menentukan produktifitas tanaman, karena pada saat penyiap bibit yang tidak benar maka akan menghasilkan tanaman yang dibudidayakan hasilnya kurang maksimal. Oleh karena itu pada saat menyiapkan bibit kita harus benar-benar teliti dan jeli. 

Berikut beberapa tips dan panduan cara memindah tanaman yang sudah biasa kita terapkan terutama, Cara Memindahkan Bibit  dari Persemaian ke Lahan

Pemilihan bibit yang kurang bagus akan mengakibatkan produksi kurang maksimal sampai tanaman akan di ganti dengan tanaman baru. Maka kita harus menyiapkan bit yang bagus dari awal mulai dari pemilihan benih, pengecambahan yang sesuai prosedur, penjarangan yang benar, dan sortasi benih yang maksima. Semua kegiatan ini merupakan langkah yang harus di tempuk untuk memperoleh bibit unggul

Oleh karena itu maka kita bahas satu persatu untuk memperoleh bibit yang kita harapkan dan menjadi tanaman yang memiliki tingkat produksi yang maksimal.

Cara Memindan atau Menyipkan bibit

Setiap tanaman tidak memiliki benih dengan ukuran yang yang sama, ada tanaman yang memiliki benih yang kecil dan ada pula yang besar. Untuk tanaman yang memiliki benih yang kecil maka untuk penanaman harus memlaui proses pendederan/perkecambahan sebelum di pindah kelahan atau media pembibitan. Sedangkan tanaman yang memiliki benih/biji yang besar bisa langsung ditanam pada lahan atau di media pembibitan terlebih dahulu.

Pada jenis tanaman tertentu ada juga yang harus diadaptasikan dengan lingkungan sebelunditanam dilahan  terbuka dengan cara penyapihan. Menyapih bibit adalah pemisahan atau penjarangan pada lahan pembibitan sehingga menjadi tanaman individu dalam satu wadah tersendiri sesuai dengan ukuran tanaman dan pertumbuhannya.

Pemindahan atau penyapihan tanaman ini bertujuan untuk memberi ruang pertumbuhan pada suatu tanaman akan tetapi jika di tanam pada lahan terbuka tanaman tersebut belum kuat untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. 

Namun apabila tanam ini tidak dilakukan penyapihan atau penjarangan maka akan devisiensi unsur hara dan air. Juga pertumbuhannya akan mengalami etiolasi karena tanaman akan berebut sinar matahari dan akan terus memanjang ke atas. 

Adapun nanfaat dari penjarangan atau penyapihan ini adalah sebagai berikut:
  1. Petumbuhan bibit semakin cepat.
  2. Bibit dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan semakin cepat
  3. Tingkat kematian bibt saat penanaman di lahan terbuka berkurang
  4. Pengangkutan bibit kelahan semakin mudah.

Untuk menghindari terjadinya resiko kegagalan yang terlalu tinggi maka tanaman yang disapih harus benar-benar siap. Kesiapan tanaman utntuk dapat dilakukan penyapihan memiliki ciri--ciri sendi-sendir. Secara umum ciri-ciri tanaman yang dapat dipindah atau dijarangkan yaitu:
  1. Tumbuh   sehat   tidak   terserang   hama   dan   penyakit,   subur   dan seragam
  2. Batang bibit sudah agak keras.
  3. Calon batang lurus dan tidak bengkak/patah
  4. Struktur perakarannya baik, akar tunggang lurus dan cakap panjang
  5. memiliki helai daun 3-5 daun.
  6. Umur benih 1 - 2 minggu untuk tanaman berumur pendek dan 2 -  4 minggu untuk tanaman berumur panjang
  7. Tidak terlalu tua dan muda
  8. Media semai harus lembab

Untuk proses pencabutan/pemindahan bibit ada banyak cara yaitu:
  1. Pencabutan dengan cara memegang pangkal batang secara hati sambil mencokel akar.
  2. Dengan cara mencongkel tanaman secara keseluruhan.
  3. Dengan cara memegang bagian daun yang paling tua kemudian di cabut.

Saran saya yang paling aman adalah dengan cara no 2. Karena tidak akan mengganggu bibit disebelahnya, batang bibit tidak akan memar. 

Tanaman yang peka terhadap jamur atau mikro organisme lainnya, akar harus dibersihkan dari segala media yang menempel ditanaman tersebut dengan cara disiram dengan air air bersi kemudian dicelupkan kedalam larutan fungisida/insektisida. Lama penyelupan 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel