Cara Mudah Membuat pupuk organik Padat

Penumpukan samapah yang disebabkan oleh padatnya aktifitas manusia menjadi masalah tersendiri bagi lingkungan. Sampah tersebut menjadi masalah yang sangat serius di lingkungan. Masalah limbah ini belum tertangani secara tuntas terutama diwilayah pertkotaan. pencemaran yang ditimbulkan dapat berupa pencemaran udara, pencemaran air, maupun pencemaran tanah. Solusi yang baik untuk mengangan sampah yaitu diawali dengan kesadaran masyarakat untuk memilah limbah anorgani dan sampah organik. limbah anorganik cara pengangannya bisa dengan pemusnahan (dibakar), sedangnkan limbah anorganik dengan cara diolah menjadi pupuk organik atau pupuk kompos. 
Pupuk organic adalah pupuk yang terbuat dari bahan organic atau makhuk hidup yang telah mati. pengertiam Limbah adalah bahan sisa atau hasil sampingan yang di hasilkan dari proses produksi dari industri maupun domestik (rumah tangga). Pengolahan limbah merupakan kegiatan yang sangat dicanangkan untuk mengurangi penumpukan limbah-limbah yang mengganggu lingkunan.
Pupuk organik itu sendir adalah pupuk yang dibut dari bahan-bahan organik bait dari tanaman yang sudah mati maupun hewanyang telah mati. Pembuatan pupuk ini dibantu oleh mikroorganisme pengurai (jazat renik) yang mengubah bahan segar menjadi kompos. Pupuk organik ini termasuk dalah katerogi pupuk majemuk karena banyak terkandung berbagai jenis unsur hara didalamnya.
 

Pengertian Limbah

Limbah merupakan bahan sisa atau hasil sampingan yang di hasilkan dari proses produksi dari industri maupun domestik (rumah tangga). menurut para ahli yaitu:
  1. Menurut Susilowarno (2007), pengertian limbah adalah sisa atau hasil sampingan dari kegiatan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Menurut Karmana (2007), definisi limbah adalah sisa atau sampah dari suatu proses kegiatan manusia yang dapat menjadi bahan polutan di suatu lingkungan.
  3. Menurut Cahyono Budi Utomo, pengertian limbah adalah suatu zat atau benda yang timbul sebagai hasil dari kegiatan manusia yang tidak digunakan lagi dan dibuang.
  4. Menurut Hieronymus Budi Santoso, pengertian limbah adalah bahan yang dibuang/ terbuang dari hasil aktivitas manusia atau berbagai proses alam, dan tidak memiliki nilai ekonomi, bahkan dapat merugikan manusia.
  5. Menurut Deden Abdurahman, pengertian limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga), dimana kehadirannya dapat menurunkan kualitas lingkungan.
  6. Menurut Daniel A. Okun dan George Ponghis (1875), pengertian limbah adalah semua limbah cair rumah tangga, termasuk air kotor dan semua limbah industri yang dibuang ke sistem saluran limbah cair, kecuali air hujan atau drainase permukaan.
Pembuatan Pupuk Organik

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat pupuk organik. pupuk organik itu sendir sangat mudah untuk dibuat. Pada dasarnya pengolahan pupuk kompos dapat dilakukan secara fabrikasi, secara alami, secara manual dan dapat juga secara modern. 

1. Pembuatan Pupuk Organik Secara Alami

Cara ini tidak perlu melalui proses apapun karena sampah sudah mengalami pelapukan selama sampah beradara di tempat terbuka. pengambilanya cukup menggali tanah yang digunakan utuk penimpunan sampah yang telah lapuk menjadi pupuk. Bahan-bahan yang tidak lapuk dipisahkan dari bahan-bahan yang telah lapuk. kemudian bahanyang telah menjadi pupuk organik dijemur hingga kering. seteah itu batu pupuk dapat di kemas untuk dipasarkan atau bisa di simpan dalam benerapa waktu.

2) Pembuatan Pupuk Organik secara manual

Sampah garbage, kotoran dan air kencing ternak merupakan bahan dasar pembuatan kompos. Sebagai pemacu proses pengkomposan perlu disiapkan pupuk urea dan pupuk P serta abu dapur.  Abu dapur berfungsi untuk menetralisasi terjadinya keasaman selama berlangsungnya proses pengkomposanterjadi. Selanjutnya campuran jerami dan sampah ditimbun dalam bedengan berukuran 2,5 x 2,5 m sampai setinggi 25 cm. Di atasnya ditimbun campuran kotoran dan air kencing. Demikian seterusnya sampai setinggi 1,5 m, dan pada lapisan atas ditaburi abu setebal 10 cm. Pada hari ke 15, campuran dibolak- balik, dan diulang pada saat umur pengkomposan 30 hari dan 60 hari. Biasanya setelah diproses selama 3 bula, kompos sudah matang dan bisa segera dimanfaatkan.

3) Pembuatan Pupuk Organik secara modern dengan mikroorganisme

Bahan organik yang dapat dimanfaatkan oleh mikroorganisme untuk menghasilkan kompos banyak ragamnya, antara lain dedak padi, dedak jagung, sekam padi, kulit kacang, jerami, ampas kelapa, rumput, serbuk gergaji. Diantara bahan-bahan tersebut, dedak padi sangat dianjurkan untuk digunakan, karena bahan tersebut mengandung gizi yang sangat baik untuk mikroorganisme. 

Mikroorganisme yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tanah adalah bakteri fotosintetik, bakteri asam laktat, ragi, actinomycetes, dan jamur pergian, Mikroorganisme membutuhkan fosfor (P) untuk pertumbuhan dan perkembangbiakannya. Biasanya bakteri yang sering dipakai adalah EM4. Nisbah C/P yang diinginkan adalah 75-150. Dedaunan, residu berkayu dan pangkasan rumput biasanya berkadar P rendah. Batuan fosfat dan kotoran ayam merupakan sumber P yang baik. Untuk setiap meter kubik limbah berkayu diperlukan 0,5 kg batuan fosfat atau 7 kg kotoran ayam.  Sumber P terbaik adalah pupuk TSP yang mengandung 48% P.

Bahan-bahan akan didekomposisikan lebih cepat bila dipotong- potong dalam ukuran 5-10 cm. Bila menggunakan rumput laut sebagai bahan terlebih dahulu dicuci untuk menghilangkan kelebihan garam. Untuk limbah serbuk gergaji, serutan kayu, dan lain-lain(nisbah C/N 80) tambahkan 1-2 kg Urea per meter kubik untuk menetralkan produk

a) Kelembaban

Bahan kompos yang kelembannya lebih kecil dari 40% tidak akan cepat terdekomposisi. Sebaliknya bahan yang kelembabannya lebih besar 60% memberikan suasana reaksi anaerob (tidak ada oksigen), menghasilkan bau busuk dan lambat terdekomposisi. Idealnya kelembaban berkisar antara 50-55%. Bahan yang kering diberi air hingga kelembaban mencapai 50-55%. Untuk mempertahankan kelembaban timbunan kompos, pemberian air sewaktu-waktu pada cuaca panas perlu diberikan

b) Mikroorgnisme

Ratusan spesies mikroorganisme, kebanyakan bakteri, jamur dan aktinomisetes (cabang bakteri) terlihat pada dekomposisi bahan organic dalam timbunan kompos. Mikroorganisme ini ditemukan secara alami dalam kompos, bahan organic, dan tanah. Mikroorganisme segera bekerja pada saat kelembaban dan konsentrasi oksigen menguntungkan.

Sebenarnya untuk mempercepat pengkomposan tdak diperlukan tambahan khusus (inokulan) jamur, bakteri dan emzim, apabila Nisbah C/N, kelembaban. Dan aerasi dalam kondisi ideal sehingga dekomposisi dapat berjalan secara sempurna kecuali untuk serbuk gergaji dan ganggang laut yang tidak banyak mengandung mikroorganisme.

c)   Oksigen

Bahan organic akan lebih cepat didekomposikan oleh mikroorganisme arobis yaitu mikroorganisme yang membutuhkan oksigen. Bila tidak cukup tersedia oksigen timbunan, mikroorganisme  anaerob memegang peranan dan menghasilkan produk yang buruk, yang ditandai oleh bau busuk, pH rendah, yang dapat menjadi racun bagi tanaman.

Aerasi yang baik sangat penting untuk memperoleh produk akhir kompos yang dapat digunakan secepat mungkin. Pembalikan timbunan memungkinkan lebih banyak oksigen yang tersedia dan membantu mempercepat dekomposisi.


Manfaat Pupuk Organik
pupuk organik ini sangat banyak manfaatnya, diantaranya:
  1. Meningkatnya produktivitas dari lahan pertanian meningkatnya kandungan bahan organik dalam tanah, 
  2. Memperbaiki setruktur tanah
  3. Unsur mikro pupuk organik lebih lengkap
  4. Pupuk organik akan memberikan kehidupan badi mikroorganisme tanah
  5. Kelebihan lain dari pupuk organik yaitu mempunyai kemampuan dalam memobilisasi atau menjembatani hara yang ada di tanah sehingga akan membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh tanaman
  6. Mempunyai kemampuan dalam melepas hara tanah dengan sangat perlahan dan terus menerus, 
  7. Mampu menjaga kelembaban tanah,
  8. Mampu membantu mencegah erosi lapisan tanah paling atas
  9. Mampu menjaga dan merawat tingkat kesuburan tanah
  10. Memberi manfaat  untuk kesehatan manusia, karena banyak kandungan nutrisi dan lebih lengkap dan lebih banyak
  11. Harga pupuk organik lebih murah dan sangat mudah didapat dari alam

Berikut sekilas tentang pembuatan pupuk organik. pupuk organik merupakan pupuk yang sangat disarankan untuk menunjang baik keseharan lingkungan, juga kesehatan alam. Pupuk organik ini juga dapat mendukung permintaan pasar yang sekarang masih meminta prodak tanaman organik. Karena tanaman organik sangat menguntungkan bagi manusia baik pelaku produsen maupun konsumen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel