Pemeriksaan Traktor roda empat Sebelum Digunakan Pada Lahan Pertanian

Pemeriksaan Traktor roda empat -- Pemeriksaan traktor roda empat sebelum di gunakan sangat sangat penting. Pemeriksaan traktor roda empat merupakan bagian awal pada saat kita akan menggunakan traktor roda empat tersebut untuk menghindari terjadinya masalah-masalah yang terjadi pada saat digunakan untuk bekerja. Dengan pemeriksaan awal pada traktor maka kondisi traktor diketahui sejak dini, sehingga jika ada kerusakan belum terlalu parah. 

Dalam pemeriksaan traktor ini tidak semua diperiksa, hanya beberapa bagian saja yang kita periksa. Pemerisaan traktor roda empat dibagi menjadi tiga bagian. Akan tetapi yang kita has di sini hanya 2 saja yaitu pemeriksaan harian dan pemeriksaan mingguan

Dalam pemeriksaan traktor ini tidak semua diperiksa, hanya beberapa bagian saja yang kita periksa. Pemerisaan traktor roda empat dibagi menjadi tiga bagian. Akan tetapi yang kita has di sini hanya 2 saja yaitu pemeriksaan harian dan pemeriksaan mingguan.

A. Pemeriksaan Harian
Pemeriksan mingguan adalah bagian komponen yang harus di periksa setiap seminggu sekali untuk menjaga kenyamanan dalam mengemudi traktor. PemeriksaAn harian diantaranya adalaha diantaranya adalah:

1. Pemeriksaan Bahan Bakar

Pada umumnya bahan bakar traktor mengunakan solar. Usahakan bahan bakar yang berada didalam tangki jangan kosong. apabila kosong maka angin akan masuK ke selang yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke injeksi. Dengan selang tersebut terisi angin maka akan sulit untuk di hidupkan.

2. Memeriksa Air Radiator
Cara mengeceknya yaitu dengan membuka tutup radiator. Apabila air kutang pada batas leher pengisian air maka tambahkan dengan mengisikan air bersih kedalam radiator. Jangan hawatir kepenuhan, karena apabila air kepenuhan dan tekanan didalam radiator melebihi batas maksimal maka air akan terbuang dengan sendirinya. Bersihkan ram radiator. Apabila ada yang bocor maka segeralah dilakukan penambalan sebelum traktor digunakan untuk bekerja.

3. Memeriksa Pedal Pengendali (Kaki-Kaki)
Injaklah semua pedal pengendali (kopling, gas, rem kanan dan rem kiri). Jika sudah tidak nyaman maka segera lakukan penyetelan. 

4. memeriksa tool
Tool yang biasa digunakan harus dibawa ketikan akan bepergian. Terutama tool yang digunakan sehari-hari.

5. Pemerisaan V-belt
Cara memeriksanya dengan cara menekan v-belt bagian atas. Apa bila pergeseran lebih dari 20 mm maka harus di ganti. Apabila terlalu kencang maka harus di setel.


B. Pemeriksaan Mingguan
PemeriksAan mingguan adalah bagian komponen yang harus di periksa setiap seminggu sekali untuk menjaga kenyamanan dalam mengemudi traktor. Pemeriksaan harian diantaranya adalah diantaranya adalah:

1. Memeriksa Saringan Udara
Saringan udara ini jika kotor akan berpengaruh dengan kualitas pembakaran didalam ruang pembakaran. Oleh karena itu saringan udara harus selalu dalam keadaan bersih. Untuk pengoperasian didaerah yang berdebu maka harus sering dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan saringan udara ini dengan melakukan pembukaan komponen saringan udara kemudian dibersihkan dengan kompresor. Jika dilengkapi dengan pra penyaringan udara maka harus di bersihkan juga. 

2. Memeriksa Oli Mesin.
Cara memeriksa oli mesin yaitu dengan membuka lubang pengisian oli. Bersihkan tongkat penduga hingga kering. Kemudian celupkan kembali dan angkat kembali. Ketinggian oli harus berada pada batas maksimal dan minimal. Jika tidak sampai ke batas minimal maka bisa di tambahkan lagi oli dengan SAE B-40. Sampai batas maksimal.

3. Memeriksa Oli Trasmisi.
Pemeriksaan ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan saat melakukan pemindahan kecepatan dan menjaga keausan komponen transmisi. Oli transmisi ini sangat kental yaitu dengan SAE 90. Pemeriksaan oli transmisi ini dengan cara membuka baut penutup pengonterol oli transmisi pada samping kanan bak transmisi biasanya. Jika mengalir dari lubang pengonterol setelah di buka maka oli dinyatakan masih cukup.

4. Pemeriksaan Accu
Pemeriksaan aki yang pertama yaitu melakukan pemeriksaan air accu. Apa bila air accu kurang maka segera lakukan pengisian dengan air accu murni. Setelah itu lakukan pemeriksaan arus/amper yang keluar dari accu. Apa bila kurang dari 12 V, maka lakukan pengecasan. 

5. Memeriksa Gemuk atau Grease. 
gemuk atau grees ini terdapat pada bagian komponen yang mengalami gesekan. apabila gemuk sudah sedikit maka perlu di tambahkan lagi. dengan memasukan gemuk menggunakan graese gun melalu naples gemuk. begitu pun imlemen. bagian implemen yang mengalami gesekan maka harus diberi gemuk. 

semoga atrikel ini bermanfaat bagi orang yang  membutuhkan dan mempermuda para pembembaca untuk dijadikan reverendi.

1 Response to "Pemeriksaan Traktor roda empat Sebelum Digunakan Pada Lahan Pertanian"

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel