Cara Menghidupkan Dan Mematikan Traktor Tangan Roda 4 (Empat) Yang Benar

Cara Menghidupkan Dan Mematikan Traktor Tangan Roda 4 (Empat) - Cara Menghidupkan traktor roda 4 dan cara mematikan traktor roda 4 pada intinya sama seperti kendaraan mobil dan sejenisnya. Traktor roda 4 (empat) pada umumnya menggunakan motor penggerak diesel (menggunakan mesin disel). Sebelum traktor dihidupkan untuk digunakan lebih baik kita lakukan pemeriksaan traktor terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan kerusakan pada saat digunakan. setelah semua di periksa maka baru kita hidupkan mesin traktor tersebut selama 2 - 3 menit untuk menyebarkan pelumas keseluruh bagian mesin. 
Menghidupkan traktor roda 4 dan cara mematikan traktor roda 4 pada intinya sama seperti kendaraan mobil dan sejenisnya. Traktor roda 4 (empat) pada umumnya menggunakan motor penggerak diesel (menggunakan mesin disel). Sebelum traktor dihidupkan untuk digunakan lebih baik kita lakukan pemeriksaan traktor terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan kerusakan pada saat digunakan. setelah semua di periksa maka baru kita hidupkan mesin traktor tersebut selama 2 - 3 menit untuk menyebarkan pelumas keseluruh bagian mesin.

Cara Menghidupkan Taraktor Roda 4 (empat)
Untuk melakukan starter kita harus menggunakan langkah-langkah yang benar untuk menjaga kemungkinan terjadi kerusakan. berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghidupkan traktor roda empat:
  1. Usahakan naik pada pada posisi pandang kedepan (maju) dan usahakan jangan sampai menyentuh bagian pengendali dan melalui sisi kiri traktor.
  2. Posisikan badan dengan nyaman di kursi kemudi. untuk menjaga keergonomisan anggota badan yang akan digunakan untuk mengemudi.
  3. Nertalkan semua handel perseneling /gigi. 
  4. kemudian masukan kunci kontak dan putar ke arah on. 
  5. Pastikan semua saklar dalam keadaan posisi off pada saat kunci kontak ON . hal ini untuk menghindari kekurangan arus listrik untuk memutar motor starter.
  6. Periksa apakah indikator pengisian arus ke accu dan oli pelumas menyala.
  7. Untuk menghindari traktor berjalan maka injak penuh pedal kopling saat dilakukan starter.
  8. setel gas tangan pada posisi setarter.
  9. Putar kontak ke kanan menuju arah setarter.
  10. Setelah mesin hidup maka lepaskan tombol/kontak setarter.
  11. Pastikan lampu indikator accu dan oli mati.
  12. Atur gas tangan ke posisi idle (setandar)
  13. lepaskan perlahan pedal kopling. namun rem masih dalam keadaan terkunci.
Catatan*
juka traktor sudah agak lama tidak digunakan maka kita disarankan untuk memutar kontak kearah kiri dan tahan selama 10 - 20 detik atau lampu indikator panas mesin berpijar dengan cara melihat indikator lampu mesin pada dasbor menyala. nyalanya lampu pada dashboard menandakan ruang pembakaran siap untuk digunakan.  

Pada saat kita akan menghidupkan traktor roda empat biasanya kita memiliki kesulitan. Jika kita berada di lahan atau di tempat yang jauh dari bengkel dan tidak membawa peralatan maka kita harus bisa mengatasi masalah tersebut.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan menghidupkan traktor roda empat adalah sebagai berikut.
  1. jika accu yang kita pasa pada traktor arusnya lemah maka sebelum kontak diputar ke kanan pada posissi stert, maka tarik dahulu tuas dekompresinya untuk memperingan botaran motor setarter. 
  2. Setelah motor setarter berputar selama 3 - 5 detik dorong kembali sampai pada posisi awal untuk mendapat tekanan kembali.
  3. jika masih belum hidup, posisikan kontak pada posisi ON kembali.kemudian tunggu sampai 10 detik untuk menghidupkan motor srtarter kembal.
  4. untuk menjaga keamanan, jangan menghidupkan traktor di tempat yang sirkulasi udaranya kutang baik.
Cara Mematikan Traktor Roda 4 (Empat)
Setelah kita mampu menghidupkan traktor roda 4 dengan maka kita harus bis mematikan traktor roda 4 juga dengan baik. langkah langkah yang baik untuk mematikan traktor roda 4 adalah sebagai berikut:
  1. Parkirkan traktor dengan benar.
  2. Kecilkan gas tangan dan kaki pada posisi Idle (stasioner) 
  3. Atur tuas pengendali (perseneling) pada posisi netral
  4. turunkan hidrolik apabila menggandeng  implemen.
  5. geser gas tangan papa posisi stop sehingga tidak ada bahan bakar yang mengalir ke dalam ruang bakat.
  6. setelah mesin mati, lalu putar kontak ke posisi off 
  7. jangan lupa pasang kunci rem sebelum meninggalkan traktor.
Untuk menjaga kondisi tetap prima ketika akan digunakan mebali maka kita harus mematikan dengan baik. hal-hal yang harus diperhatikan saat kita akan mematika trakto dengan baik adalah sebagai berikut:
  1. Tidak perlu menaik turunkan gas.
  2. mematikannya jangan tergesa-gesa.
  3. jangan menggunakan tuas dekompresi untuk mematikan mesin traktor.
  4. perika\sa semua tuas, pastikan dalam keadaan netral
  5. saat turun dari tempat kemudi usahakan pada posisi mundur dan jangan sampai menyentuh bagian-bagian pengendalian traktor.
berikut penjelasan tentang bagaimana cara menghidupkan dam mematikan traktor dengan baik. semoga dapat membantu para pemula yang akan belajar untuk mengemudikan trakto

0 Response to "Cara Menghidupkan Dan Mematikan Traktor Tangan Roda 4 (Empat) Yang Benar"

Post a Comment

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel