Cara Mengendalikan Hama Bekicot Pada Tanaman Kelapa Sawit


Bekicot yang memiliki naman latin Achantia merupakan hewan sejenis dengan siput. Hewan ini biasanya mudah ditemukan di dekat aliran irigasi dan tempat-tempat lembab lainya. Hama bekicot bisa juga bermanfaat sebagai sumber pangan dan produk kecantikan. Namun hewan ini sering menjadi hama pada beberapa tanaman salah satunya tanaman kelapa sawit. hama bekicot ini juga sangat berbahaya untuk tanaman kelapa sawit yang masih muda. Para petani yang menanam yang masih melakukan pembibitan kelapa sawit tentunya sangat penting untuk mengetahui cara mencegah dan mengatasi hama bekicot ini. Untuk mengendalikan hama bekicot kita harus tahu bagai mana perilaku hama tersebut dan cara penyrangannya. mari kita bahas satu persatu.



 bekicot itu sendiri memiliki klasifikasi sebagai berikut:
Divisi
Kelas
Ordo
Famili
Genus
Species
:Mollusca
:Gastropoda
:Pulmonata
:Achatinidae
:Achatina
:Achatina fulica

Jenis – Jenis Bekicot

Perlu anda ketahui jenis-jenis hama bekicot supaya mengetahui perbedaan dari jenis – jenis bekicot yang menyerang tanaman budidaya. berikut merupakan jenis jenis bekicot yang 

1. Bekicot Darat (Achantia Fulica)
Bekicot darat sangat mudah jumpai di beberapa daerah Indonesia. Jenis bekicot darat cangkang atau rumahnya memiliki garis warna putih buluk dan mwrah kecoklatan akan tetapi tidak mencolok. Warna ini  menjadi ciri khas dari jenis bekicot darat dengan nama latin Achantia Fulica.

2. Jenis Bekicot Achantia Variegata
Jenis bekicot ini memiliki garis dengan warna mencolok pada cangkangnya. Hal ini yang menjadi ciri khas dari Achatina Variegata. jenis bekicot ini (Achatina Variegata) pada cangkang rumahnya memiliki buku-buku. Selain itu jenis bekicot bekicot Achantia Variegata memiliki tubuh yang besar jika dibandingkan dengan Achantia Fulica
Tanaman Yang Diserang Hama Bekicot


CARA MEMBASMI HAMA BEKICOT PADA TANAMAN

pada tanaman kelapa sawit biasanya yang terserang adalah tanaman yang masih muda. Pada tanaman yang sudah tua biasanya serangan hama bekicot biasanya pada bagian tanama yang masih muda seperti daun muda dan titik tumbuh pelepah muda. apabila titik tumbuh tanaman kalapa sawit telah terserang bekicot maka tanaman tersebut akan mati. ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengendalikan bekicot atau membasmi bekicot. Berikut ini cara membasmi hama bekicot atau mengendaliakan hama bekicot pada tanaman kelapa sawit dengan cara biologi dan kimia yang bisa anda lakukan.

1. Membasmi bekicot dengan musuh alami
Pertama membasmi hama bekicot dengan musuh alami adalah dengan menggunakan predator dari hama bekicot. Ada banyak jenisnya predator sebagai musuh alam bekicot bekicot. Predator   1.  hama bekicot adalah 
  2.  kumbang tanah, 
  3.  kumbang capit, 
  4.  kumbang xylopreda dan 
  5.  kumbang cryptocephale. 
Kekurangan dari cara ini adalah prodator bekicot ini akan berbalik menjadi hama baru bagi tanaman jika tidak terkendali.

2. mengunakan garam 
Pemberian larutan garam pada bagian tanaman yang diserang terbukti dapat mengusir hama bekicot. Hal ini karena konsentrasi larutan garam lebih tinggi dari konsentrasi cairan yang ada pada tubuh bekicot. Dengan demikian maka bekicot akan kehilangan air, sehingga bekicot akan kekurangan cairan yang membuat tubuh bekicot seperti mengkerut kecil jiak terkena larutan garam.

Pembuatan larutan garam ini sangat lah mudah, yaitu dengan cara menambahkan sejumlah garam pada air kemudian di aduk. Air yang sudah di campur dengan garm yang di larutkan maka  disemprotkan pada bagian tanaman yang diserang bekicot. Tunggu beberapa saat ketika bekicot sudah bereaksi. Kemudian bisa dikumpulkannya pada wadah supaya bekicot tidak kembali lagi menyarng tanaman yang kita budidayakan. Garam yang di larut kan dalam air konsentrasinya tidak boleh terlalu banyak, karena jika jumlahnya banyak maka tanaman akan keracuan karena mengandung garam yang tinggi. Apabila terlalu banyak dalam pemberian garam juga berpengaruh pada rasa tanaman buah dan sayuran. 

3.  Manfaatkan aroma bawang putih. 
pemberian Tanam bawang putih di halaman atau taman dilakukan prioritaskan pada area-area lembab yang dijadikan tempat berkumpulnya para bekicot. Apabila tidak mau menanam bawng putih maka cukup dengan menyemprotkan air bawang putih di sekitar tempat berkumpulnya si bekicot tersebu. Aroma tajam bawang putih membuat hama bekicot tidak mau mendekat.

4. Tangkap Secara Manual
Apabila hama bekicot tidak terlalu banyak penangkapan secara manual dapat dilakukan.Apabila bekicot susat diangkat anda bisa menggunakan pencungkil supaya bekicot mudah terlepas pada tanaman yang diserang. Selain itu anda bisa menggunakan bekicot untuk diternakan karena bekicot bisa sebagai sumber makanan. Baca : cara budidaya keong macan

5. Ciptakan Lingkungan Baru
Hidup bekicot sangat suka lingkungan bersuhu dingin yang lembab dan kotor. dengan kebiasaan hilingkungan hidup bekicot yang menyukai daerah lembab, makakita dapat mengusir bekicot dengan menciptakan lingkungan yang kering dengan cara meletakan daun-daun yang kering dan tanah kering untuk mengurangi kelmbaban. Cara lain yang bisa dilakukan seperti pembersihan gulma dan tanaman liar membantu mencipatakan lingkungan baru bagi bekicot supaya bekicot tidak betah.

6. Insektisida
Untuk membasmi hama bekicot perlu dilakukan untuk memberikan bahan kimia berupa insektisida. Pembasmian hama bekicot menggunakan bahan kimia insektisida berdasarkan hama bekicot termasuk dalam jenis kelompok insekta atau serangga. Oleh karena itu, penggunaan insektisida merupakan cara yang tepat untuk membasmi hama bekicot yang mengganggu tanaman yang di budidayakan.

Insektisida baik digunakan ketika hama bekicot sudah menganggu tanaman secara ekonomi. Jika memberikan insektisida terlalu dini bisa terjasdi tanaman yang dibudidayakan akan panen lebih cepat.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan untuk temen-temen semua. Semoga pengetahuan saya tentang cara membasmi hama pada tanaman bertambah dan berman faat unutk kalian. Sampai jumpa pada atrikel selanjutnya.

0 Response to "Cara Mengendalikan Hama Bekicot Pada Tanaman Kelapa Sawit"

Post a Comment

kami berhara kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel