Manfaat Kelapa Sawit Untuk Manausia Dan Perekonomian Indonesia


Manfaat Kelapa Sawit Untuk Manausia Dan Perekonomian Indonesia – Tanaman kelapa sawit merupakan salah satu tanaman yang dibudidayakan dalam jumlah besar di Indonesia. Pelaku budidanya sendiri yaitu masyarakat dan perusahan negara maupun perusahaan suasta. Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang menjadi andalan espor di daerah inidonesia. Banyak sekali manfaat kelapa sawit di Indonesia sendiri. Manfaat kelapa sawit sendiri meliputi:

1.  Manfaat kelapa sawit untuk kehidupan sehari-hari masyarakat,
2.  Manfaat kelapa sawit untuk industi  dan
3.  Manfaat kelapa sawit untukperekonomian di Indonesia.
Dengan pengaruh yang sangat besar tersebut maka kelapa sawit ini harus kita jaga dengan cara menjaga kualitas hasil dari perkebunan kelapa sawit.



A.  Manfaat Kelapa Sawit Untuk Perekonomian Indonesia
Maanfaat kelapa sawit untuk perekonomian sendiri merupakan sumber pemasukan defisa negara apabila hasil dari perkebunan kelapa sawit di exspor keluar negeri. Selain itu juga pajak pendapatan negara semakin besar dengan adanya perkebunan-perkebunan kelapa sawit yang masih aktif. Disamping hal itu juga perkebunan kelapa sawit dapat tenaga kerja yang lumayan banyak untuk mengurangi angka pengangguran.

B.  Manfaat Kelapa Sawit Untuk Manausia
Ada banyak sekali manfaat tanaman kelapa sawit untuk hidup manusia selama ini. Manfaat ini yang telah dirasakan oleh manusia selama ini selain digunakan untuk minyak goreng juga dimanfaatkan untuk kecantikan, kesehatan dan penunjang industry.

1.  Manfaat kelapa sawit untuk Kesehatan.
Banyak sekali manfaat tanaman kelapa sawit dibidang kesehatan banyak sekali. Diartikel kali ini akan sasa bahas satu persatu. 

Sarana unggul untuk fortifikasi vitamin A
Minyak nabati termasuk minyak kelapa sawit banyak digunakan sebagai makanan pokok sebagai produksen penghasil vitamin yang larut di dalam lemak, seperti Vitamin A.

yang perlu diperhatikan adalah minyak nabati yang banyak mengandung asam lemak tak jenuh rentan terhadap oksidasi, hal ini yang menggangu kestabilan vitamin A dalam proses fortifikasi.

Mendinginkan Kulit yang Terkena Luka Bakar
Apa bila terkena luka bakar ringan, tidak ada salahnya mencoba dinginkan luka tersebut dengan menggunakan putih telur dicampur dengan minyak kelapa sawit yang dingin. Minyak kelapa sawit ini dapat membantu kulit yang terbakar menjadi dingin dengan adanya mengandung vitamin A.

2.  Manfaat kelapa sawit untuk Kecantikan.
Membantu proses penyamaKan kulit
Minyak kelapa sawit jiga bisa digunakan untuk membantu proses penyamakan kulit hewan. Sebelum kulit diolah menjadi bahan baku untuk produksi tas atau dompet, kulit hewan sapi dan kambing akan mengalami proses penyamakan terlebih dahulu .

Bahan pembuat lotion (krim kecantikan)
Prodak kecantikan adalah komoditi yang semakin diminati oleh konsumen di pasar. Tidak hanya wanita saja yang meminatinya, sekarang para lelaki juga merasa penting untuk menggunakannya dalam menjaga kesehatan kulit.

Salah satu bahan pembuatan krim kecantikan atau lotion perawatan adalah minyak kelapa sawit yang terbukti memiliki kandungan yang baik untuk mencegah kulit kering. dengan diformulasikan dengan berbagai macam bahan lain seperti serum dan vitamin dan nutrisi kulit.

Bahan pembuat minyak rambut (pomade)
minyak kelapa sawit ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat pomade karena kualitasnya yang baik.


3.  Manfaat kelapa sawit pada kegiatan industri

Bahan baku industri baja
Minyak sawit dikenal bagus untuk dijadikan pelapis baja. Dengan dilapisi minyak sawit ini bertujuan agar baja dan besi bisa lebih kuat dan lebih tahan terhadap karat atau korosi

Bisa digunakan sebagai kompos
Tangkos kelapa sawit itu sendiri bisa diolah menjadi pupuk kompos yang sangat bermanfaat untuk tanaman kelapa sawit intu sendiri. Pupuk kompos sangat dikenal sebagai bahan yang baik untuk membantu menyuburkan tanah, memperbaiki kondisi tanah dan membantu pertumbuhan tanaman karena unsur-unsur hara yang terkandung didalamnya.

Alternatif bahan bakar biodiesel
Diesel merupakan salah satu engine yang memiliki keunggulan, terutama pada kendaraan yang membutuhkan tenaga besar untuk mengangkut hasil kebun, hasil tambang atau pendistribusian komoditas antar daerah dan kendaraa-kendaraan yang lainnya. biodisel juga sering digunakan untuk bahan bakar mesin diesel pembangkit tenaga listrik. Biodiesel baik dari miyang kelapa sawit dapt dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar diesel biasanya.

Sebagai pelumas
Pelumas yang dihasilkan dari tanaman bisa digunakan untuk melumuri bagian luar pada mesin dan perkakas lain yang menggunakan motor sebagai penggerak. Ada juga beberapa jenis tipe mesin 2 tak yang menggunakan minyak goreng dari kelapa sawit sebagai bahan campuran pada oli samping. Akan tetapi mnyak ini sangat rawan terhadap bahan lain. Kkarena titik didih minyak kurang dari 100 derajar celcius.


Vitamin E pada minyak kelapa sawit sangat kaya akan khususnya tocopherol dan tocotrienol sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita. Fitosterol juga terdapat dalam Minyak kelapa sawit, senyawa yang terdapat dalam berbagai jenis tanaman terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan kolesterol. Minyak kelapasawit yang mengandung nutrisi memberikan banyak manfaat kesehatan seperti: 
1.  meningkatkan fungsi otak.  
2.  membantu mengurangi risiko gumpalan darah di dalam arteri.  
3.  juga dapat menurunkan tekanan darah. 

Kandungan ini seperti fitosterol dan vitamin E sama dengan yang ditemukan dalam Air Susu Ibu (ASI). Inilah alasan mengapa minyak kelapa sawit yang setelah dimodifikasi untuk menyesuaikan asam palmitat dalam molekul triasilgliserol ini sering digunakan dalam susu formula bayi karena profil nutrisinya paling menyerupai ASI.

Minyak kelapa sawit yang masih mentah (CPO) merupakan salah satu yang menjadi  sumber manfaat paling banyak dari minyak kelapa sawit. minyak kelapa sawit mentah (CPO) merupakan sumber karotenoid alami tertinggi yang menjadikan berwarna merah tua. Wortel yang dikenal sebagai sumber makanan berkaroten masih kalah dibandingkan dengan CPO. Karoten tinggi yang berapa di dalam makanan tersebut bermanfaat untuk mencegah kekurangan vitamin A serta penyakit kulit serta penyakit mata.


Baca juga: Kegunaan Dan Manfaat Cangkang Kelapa Sawit dalam Kehidupan Sehari-Hari

3 Responses to "Manfaat Kelapa Sawit Untuk Manausia Dan Perekonomian Indonesia"

kami berhara kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel