Tujuan dan Waktu Pemangkasan Yang Baik dan Tepat


Tujuan Pemangkasan dan waktu pemangkasan yang baik dan tepatPemangkasan merupakan kegiatan pengurangan cabang rantingdan daun untuk menghasilkan produksi yang maksimal. Kegiatan pemangkasan ini tidak semua tanaman bisa dilakukan. Namun ada yang harus dilakukan bahkan wajib dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal, terutama pada tanaman buah yang memiliki buah di ujung ranting tanaman. Dengan asumsi ketika di pangkas maka unung tanaman akan bertambah, otomatis buah akan semakin banyak. Telah kita tau ada tiga jenis peremajaan yang telah kita bahas diartikel kemarin, maka dari semua itu memiliki tujuan sendiri-sendiri.
tujuan pemangkasan, waktu pemangkasan, manfaat pemangkasanAda berbagai macam pemangkasan yang biasa dilakukan pada tanaman. Masing-masing pangkasan mempunyai tujuan yang berbeda.
1).  Pemangkasan Bentuk

Pemangkasan bentuk bertujuan untuk membuat ranting pohon sedemikian rupa sehingga pohon sehingga tanaman tidak terlalu tinggi,  menghasilkan cabang yang kuat, letaknya teratur, arahnya menyebar dan produktif.  Dengan demikian sehingga pemeliharaan dan pemetikan buah lebih mudah.

2).  Pemangkasan Pemeliharaan
Pemangkasan pemeliharaan ini bertujuan untuk mengatur pertumbuhan cabang supaya pertumbuhannya teratur, juga untuk mengurangi kerimbunan pohon yang bisa mengakibatkan produksi menurun. Hal ini dilakukan supaya tanaman mendapat sinar matahari yang cukup. Dengan demikian, tanaman dapat terhindar dari keadaan yang lembab dan otomatis tanaman dapat dijauhkan dari kemungkinan serangan jamur yang merupakan sumber penyakit.
3).   Pemangkasan Peremajaan
Pemangkasan peremajaan bertujuan untuk mebuang/memotong tajuk tanaman lama agar tumbuh tajuk baru yang masih muda dan produktif. Pemangkasan peremajaan dilakukan terhadap batang atau cabang tanaman yang sudah tua, tidak produktif dan yang bentuk tajuknya sudah tidak menentu


berikut meruoakan tujuanpemangkasan yang  kita bahas. ketika melakukan pemangkasan kita harus benar benar mengetahui kebutuhan pemangkasan pada tanaman itu sendiri. dengan mengetahui jenis pemangkasan dan tujuan pemangkasanya maka kita benar-benar maksimal dalam melakukannya sehingga akan menghasilkan prosuksi yang maksimal pula

baca juga

Waktu Pemangkasan
Waktu pemangkasan sangat tergantung pada jenis pangkasan dan peertumbuhan.  Apakah akan dilakukan pemangkasan bentuk, pemangkasan pemeliharaan atau pemangkasan peremajaan; Pemangkasan bentuk biasanya dilakukan 1 – 2 tahun setelah tanam, untuk tanaman tahunan waktu pemangkasan yang paling baik adalah awal atau akhir musim hujan.  Lain dengan pemangkasan pemeliharaan (Kesehatan dan Produksi) ini dilakukan 3 bulan sekali, yakni ketika hujan mulai turun.  Akan tetapi bagi tanaman yang sudah berbuah pemangkasan dilakukan ketika buah usai dipanen. Untuk pemangkasan peremajaan tidak terikat kepada waktu, akan tetapi pada kondisi tanaman.  Sesuai dengan tujuan yaitu untuk mengganti tajuk tanaman maka pemangkasan peremajaan dilakukan pada tanaman tua yang sudah menurun produksinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel