Jenis-Jenis Traktor yang biasa digunakan Masyarakat Petani

Traktor merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untukmembantu kegiatan budidaya yang dilakukan oleh masyarakat. Akan tetapi sebelum menggunakan traktor kita harus mengetahui jenis-jenis traktor yang biasa digunakan untuk kegiatan budidaya. dengan mengetahui jenis-jenis traktor maka hita tidak salah memilikih traktor pada lahan yang akan digunakan sebagai lahan budidaya. untuk itu mari kita baca jenis-jenis taraktor yang biasa digunakan oleh lahan tertentu pada kegiatan budidaya tanaman khususnya pada pengeolahan tanah.


Jenis-Jenis Tarktor yang biasa digunakan masyarakat petani

Jika dilihat dari bentuknya traktor yang digunakan untuk mengolah lahan dan yang lainnya sesuai kebutuhan, maka traktor dibedakan menjadi 2 yaitu traktor tangan dan traktor roda empat. Mari kita Bahas Satu Per satu.


1. Traktor Tangan

Taraktor tangan sering juga disebut dengan hand tractor. traktor tangan merupakan sumber penggerak dari imlemen (peralatan pertanian. Pada umunya traktor tangan digunakan sebagai alat untuk mengolah tanah. Akan tetapi, traktor tangan ini merupakan mesin yang sangat multi guna. karena traktor tangan dapat digunakan untuk tenaga penggerak:

  1.  Implemen
  2.  Pompa air
  3.  Alatprosesing
  4.  power treser
  5. Trailer 
  6. dan yang lainnya
Traktor tangan merupakan traktor pertanian yang memiliki satu buah poros roda  (memiliki dua roda) depan saja. 

Traktor tangan memiliki dimensi dengan panjang berkisar 174 cm - 229 cm dengan lebar 71 cm - 88 cm. Besar daya penggerak traktor tangan ini berkisar antara 6 - 10 HP. Sumber daya penggerak utama traktor tangan menggunakan motor diesel bersilinder tunggal. Traktor tangan atau di sebut juga dengan hand tractor ini sering digunakan untuk para petani sawah Karean sangat cocok untuk kegiatan pengolahan lahan yang berjinis lahan sawh.


2.  Traktor Roda 4

Berbeda dengan traktor roda 4. traktor roda empat merupakan traktor yang mempunyai dua buah poros roda. Sumber penggerak traktor roda empat ini adalah motor diesel yang memiliki 4 - 6 silinder blok. Pemanfaatan traktor roda 4 biasanya digunakan untuk pekerjaan petani untuk mempercepat pekerjaan manusia seperti:
  1. Penanaman
  2. Pemupukan
  3. Pemeliharaan Tanaman
  4. Transportasi
  5. Membongkat
  6. Mengangkut Muatan
Untuk mengoperasikan traktor roda empat tidaklah mudah. Langkah Pertama yang harus dilakukan oleh calan operator dalam mengoperasikan traktor roda empat yaut mengenali sistem yang ada pada traktor roda empat itu sendiri. Bagian-bagian utama dari traktor roda empat. 
Trakotr Roda empat mempunyai kisaran daya motor penggerak antara 15 HP sampai dengan 200 HP. Namun biasanya traktor roda empat yang biasa digunakan mempunyai daya antara 40 -80 HP.


Jenis traktor roda embat juga memiliki jenis yang berbeda-beda berdasarkan penggolongannya. Traktor roda empat yang biasa digunakan untuk kegiatan budidaya ada tiga jenis, diantaranya:

  1. Traktor satu gardan (two wheel-drive tractor/rowcrop tractor)
  2. Traktor dobel gardan
  3. traktor beroda track
Dari ketiga jenis ini memiliki kelebihan sendiri pada kondisi lahan tertentu. oleh karea ini mari kita bahas jenis-jenis traktor roda empat ini.


1. Traktor Satu Gardan

Para petani  banyak menggunakan traktor satu gardan ini di perkebunan kecil yang membudidayakan tanaman larikan seperti. Pada umumnya daya yang digunakan pada traktor satu gardan sekitar 22 – 33 kw (30 – 45 hp).


2.   Traktor dobel gardan (two wheel-drive tractor)

Dibanding dengan traktor yang memiliki satu gardan, traktor dobel gardan (depan belakang) memiliki daya tarik yang lebih besar. Karena masih menggunaka roda ban karet bulat seperti ban padaumumnya, traktor ini masih dapat berjalan di jalan raya. Maka banyak pemilik perkebunan memilih traktor jenis ini. Ada dua tipe dari traktor dobel gardan yang sering digunakan, di antaranya:
  • Jenis Traktor yang memiliki roda depan lebih kecil jika dibandingkan dengan roda belakang. BEsar daya yang digunakan antara 33 – 67 kW (45 – 90 hp)
  • Jenis Traktor dengan roda sama besar antara roda depan roda belakang, daya yang digunakan antara 75 – 150 kw (100 – 200 hp)
  

3.   Traktor beroda track

Traktor beroda track banyak digunakan oleh para petani di perkebunan yang luas atau di perkebunan yang masih baru. Dan traktor jenis ini juga biasa digunakan pada lahan yang belum tertata. Daya penggerak traktor jenis ini antara 52 – 110 kW (70 – 150 hp). Karena kelebaran rodanya sangat besar maka daya tumpu atau gaya tekan ke tanah menjadi kecil, sehingga traktor yang menggunakan jenis ban seperti ini dapat digunakan pada lahan yang lembek tanpa takut slip dan kepater.



gambar bersumber dari bahan ajar k13 "alat mesin pertanian" dan yarman indonesia
 Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk pembaca


0 Response to "Jenis-Jenis Traktor yang biasa digunakan Masyarakat Petani"

Post a Comment

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel