Kekurangan Dan Manfaat Alat Mesin Pertanian

Motor bakar merupakan suatu sistem  perubah suatu tenaga panas menjadi tenaga gerak. Sumber tenaga panas itu sendiri dapat berasal dari kayu, batubara, minyak tanah, bensin dan yang lain. Jika dibandingkan tenaga yang di hasilkan oleh motor dengan tenaga manusia atau hewan, tenaga motor jauh lebih besar. Tenaga yang dihasilkan oleh motor sangat besar bisa mencapai ratusan kilo watt (KW)  tergantung dari ukuran motor. Motor bensin dan diesel (motor bakar dalam) penggunaannya lebih praktis dilapangan jika dibandingkan  dengan motor listrik akan tetapi motor bensin dan motor diesel sisa pembakaran bahan bakarnya memberikan dampak yang buruk


Terhadap lingkungan dalam bentuk polusi udara. Keuntungan penggunaan tenaga motor bakar dibidang pertanian antara lain:
1.  Tenaga yang dihasilkan besardibanding kan dengan tenaga manusia dan hewa. Dengan menggunakan mobakar kita tidak banyak banyak memperkerjakan dan untuk membayar manusia. Dengan begini maka akan lebih sedikit untuk mengeluarkan oprasional ketika kita melakukan kegiatan udidaya.

2.                memiliki daya tahan yang baik. mampu bekerja 24 jam secara terus menerus tanpa lelah. Akan tetapi ketika kita mengoperasikan mesin secara terus menerus kata harus memastikan terlebih dahulu apakah mesin tersebut mampu digunakan dalam kurun waktu tertentu. Mesin yang digunakan dalam kurun waktu yang sangat panjang, kita harus memperhatiakan perawatan dari simesin tersebut. Jangan sampai pekerjaannya selesai mesinya juga selesai alias rusak.

KEKURANGAN DAN MANFAAT ALAT MESIN PERTANIAN
Mesin itu sendiri selain sangat menguntukan dan sangat membantu untuk pekerjaan manusia, juga memiliki kekurangan yang juga harus diperhatiakn yang harus diselesaikan. Kekurangan kekurangan ini diantaranya adalah:
1.     Tidak dapat digunakan pada lahan yang curam.
Lahan yang curam kita tidak bisa menggunaka  mesin pertanian untuk mengola lahan yang akan kita tanami. Apa biala kita nekat maka hal yang tidak di inginan takutnya akan terjadi pada alat mesin yang digunakan
2.     Tidak dapat menjangkau selah sempit
Biasanya alat mesin ini tidak dapat menjangkau pada lah bagian pojok. Dengan begitu maka alat tersebut juga harus menggunakan bantuan manusia. Atau mengolah lahan pada lahan yang sempit, yang sesuai dengan besarnya mesin yang digunakan. Karena apabilah alat mesin pertanian tidak disesuaikan dengan lebarnya lahan mesin tersebut tidak bisa bermanufer dengan baik, contohnya pada pengolahan lahan dalam kegiatan pembajakan.
3.     Membutuhkan ivestsi yang mahal.
Ketika kita akan menggunakan mesin pertanian kita memiliki dua pilkihan diantaranya membeli mesin yang baru atau kita akan menyewa pada tempat penyewaan. Maka kita akan merogoh kantong yang dalam ketika kita akan menyewa. Terlebih lagi apabila kita akan membeli sendiri mesin tersebut.
4.     Mengakibatkan kompaksi tanah

Apabila kita terlaru sering menggunakan mesin-mesin pertanian yang besar, maka akan terjadi pemadatan tanah yang diakibatkan oleh tekan yang diperoleh dari alat yang midar-madir diatas permukaan tanah. Hal ini akan menyebabkan poritanha akan menjadi sedikit dan hilang. Akibat yang ditimbulkan yaitu kesuburan tanah berkurang karrena oksigen tidak dapat masuk kedalam tanah.

0 Response to "Kekurangan Dan Manfaat Alat Mesin Pertanian"

Post a Comment

kami berhara kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel