Kelebiahn Dan Kekurangn Traktor Tangan


Traktor pertanian salah satu kendaraan yang mempunyai daya penggerak sendiri yaitu engine berbahan bakar solar, minimal mempunyai sebuah poros roda yang dirancang untuk menarik serta menggerakan alat/mesin pertanian. Berdasarkan bentuk dan ukuran traktor. traktor pertanian yang sering digunakan dapat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
      traktor tangan,
      traktor mini
      traktor besar.

1)  Traktor tangan
Traktor tangan juga biasadi sebut dengan hand tractor adalah sumber penggerak dari implemen (peralatan bajak untuk pengalah lahan) pertanian. Biasanya traktor tangan digunakan untuk mengolah tanah dengan bantuan manusia. Akan tetapi pengemudi dengan cara berjalan. Traktor tangan ini merupakan mesin pertanian yang dapat digunakan serba guna. Traktor tangan ini oleh petani biasanya digunakan untuk :
      tenaga penggerak implemen,
      tenaga/mesin pompa air,
      alat prosesing,
      trailer untuk mengangkut hasil panen
      dan juga bisa digunakan untuk yang lainnya seperti penerangan.

Traktor tangan merupakan alat pertanian yang hanya memiliki satu poros roda dan hanya memiliki dua roda saja. Dimensi traktor ini berukuran panjang berkisar 1740 – 2290 mm, lebar berkisar 710 – 880 mm dan dayanya berkisar antara 6 – 10 HP saja. Traktor tangan pada umumnya daya penggerak utamanya menggunakan motor diesel silinder tunggal.

2)  Klasifikasi Traktor Tangan
Traktor tangan (hand tractor) merupakan sumber penggerak dari implemen (peralatan) pertanian. Biasanya traktor tangan digunakan untuk mengolah tanah. Sebenarnya traktor tangan ini merupakan mesin yang serba guna untuk membantu kegiatan budidaya tanaman oleh para masyarakat di Indonesia , karena dapat digunakan untuk tenaga penggerak implemen yang lain, seperti : mesin pompa air, alat prosesing hasil panen, trailer untuk mengolah hasil panen, dan lain-lain.

Jika dilihat dari jenis bahan bakar yang digunakan unutk bahan bakar, traktor tangan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
1.  Traktor tangan berbahan bakar Solar
2.  Traktor tangan berbahan bakar bensin
3.  Traktor tangan berbahan bakar minyak tanah (kerosin)

Berdasarkan besarnya daya motor yang dihasilkan oleh engine sumber, traktor tangan dapat dibagi menjadi tiga jenis juga, yaitu :
1.    Traktor tangan berukuran kecil, tenaga penggeraknya kurang dari 5 hp.

2.    Traktor tangan yang memiliki ukuran sedang, tenaga  penggeraknya antara 5 - 7 hp
3.    Traktor tangan berukuran besar, tenaga penggeraknya  antara 7–12 hp


Traktor tangan ini sangat cocork digunakan untuk lahan yang memiliki betakan petakan yang sempit. Karena dilihat dari ukurannya dan cara penggunaan dari traktor tangan ini yaitu untuk digunakan pada lahan yang tidak terlalu lebar. Traktor tangan ini juaga bisa digunakan pada sawah yang memiliki kemiringan yang lumayan curam. Dengan mudahnya penggunaan mesin ini maka para petani juga sangat suka untuk menggunakan. Selain cara penggunaan yang mudah harga dari traktor tangan sendiri bisa dijangaku oleh masyarakat petani di Indonesia.

Sekian penjelasan dari pustaka petani semoga bermanfaat untuk para pembaca. 
aamiin

0 Response to "Kelebiahn Dan Kekurangn Traktor Tangan"

Post a Comment

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel