Kegunaan Dan Manfaat Cangkang Kelapa Sawit dalam Kehidupan Sehari-Hari


Kegunaan Dan Manfaat Cangkang Kelapa Sawit dalam Kehidupan Sehari-Hari - Cangkang kelapa sawit sering juga disebut dengan batok kelapa sawit. Cangkang /batok kalapa sawit ini merupakan limbah dari hasil pengolahan kelapa sawit. Cangkang kelapasawit sebenarnya memiliki banyak manfaat maupun kegunaannya dalam bidang rumah tangga, lingkup usaha, maupun industri. Banyak sekali masyarakat pada umumnya menanyakan manfaat serta kegunaan cangkang atau batok kelapa sawit. Dengan ketersedian cangkang atau batok kelapa sawit yang melimpah sebenarnya dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Cangkang kelapasawit sendiri dapat dimanfaatkan sebagai aspal cair, fenol, tepung tempurung, asap cair, briket arang, dan karbon aktif. dilihat dari banyaknya manfaat maka cangkang atau batok kelapa sawit tidak dapat dikatakan limbah. Dengan pernyataan pernyataan yang ada dapat disimpulkan bahwa hasil olahan kelapa sawit tidak memiliki limbah karena semua bagian dapat dimanfaatkan.
Mari kita bahas satu persatu manfaat dan kegunaan cangkang kelapa sawit dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga
1. Campuran Pakan Ternak
yang dijadikan sebagai pakan ternak yaitu bungkilnya. bungkil ini hanya sebatas campuran dari pakan ternak.  Dengan danya penambahan bungkil kelapa sawit dapat mempercepat pertumbuhan binatang-binatang ternak seperti ayam, bebek, ikan, kambing, sapi, babi, dan binatang-binatang ternak lainnya. Sebelum digunakan untuk pakan ternak, tentu saja bungil (cangkang) kelapa sawit ini telah melalui proses pengolahan terlebih dahulu agar aman dan mudah ketika dikonsumsi oleh binatang ternak.

2. Bahan Bakar Boiler
Pada pabrik pabrik besar sumber daya yang digunakan yaitu uap yang keluar dari boiler. Boiler sendiri merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengubah zat cair menjadi uap dengan perlakukan panas. Panas tersebut dihasilakan dari perebusan air dalam boiler. Cangkang kelapa sawit itu sendiri digunakan sebagai bahan bakar supaya menghasilkan api atau bara api. Tekanan yang diperoleh dari uap air ini nantinya akan digunakan untuk memutar turbin dan mengoperasikan semua mesin yang berbasis uap. Air yang dipanaskan berubah menjadi uap dan memiliki gaya dorong atau tekan ini lah yang yang digunakan untuk memutar turbin untuk mengoperasikan semua alat yang digunakan oleh pabrik tersebut. Selain evektif dan memiliki panas yang tinggi ditimbulkan oleh bara api dari cangkang kelapa sawit, cangkanang sawit dapat diperoleh secara geratis.

3. Bahan Pengeras Jalan
Pada perkebunan kelapa sawit yang memiliki pabrik sendiri biasanya sering ditemukan cangkan atau batok kelapa sawit dengan gampang yang berceceran di jalan dan diratakan pada jalan. Cangkang atau biasa yang di sebut dengan batok kelapa sawit ini digunakan untuk pengeras jalan sebagai pengganti alternative batu yang tidak kalah baiknya. Pemanfaatan cangkang kelapa sawit ini didasari dengan melimpahnya cangkang kelapa sawit yang ada di pabrik. Untuk jalan masyarakat sendiri memiliki alasan karena untuk mendapatkan cangkang kelapa sawit relative lebih murah sedangkan kualitas kekerasanya tidak jauh beda dengan batu. Bahkan untuk mendapatkan cangkang kelapa sawit tersebut bisa secara geratis di PPKS( pabrik pengolah kelapa sawit.

4. Bahan Baku Arang atau karbon aktif (charcoal)
Cangkang kelapa sawit bisa dijadikan sebagai bahan baku arang (karbon aktif). Karbon aktif atau yang sering di sebut arang biasanya juga disebut dengan charcoal. Kualitas arang yang berbahan dasar cangkang kelapa sawit ini memiliki kualitas lebih tinggi dari pada arang yang berbahan dasar kayu. Kandungan arang yang berbahan dasar cangkang kelapa sawit ini mengandung  lignoselulosa. Lignoselulosa inilah yang menyebabkan arang cangkang kelapa sawit memiliki kualitas lebih bagus. Dan berat jenis dibandingkan kayu yaitu 1,4 kg/L arang cangkang kelapa sawit. Sedangkan energy panas yang dihasilkan arang cangkang kelapa sawit ini terbilang tinggi yaitu sebesar 20.093 kJ/Kg

Inilah paparan tentang manfaat dan kegunaan cangkang kelapa sawit untuk kehidupan manusia sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kelain semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel