Penggolongan Gulma Berdasarkan Morfologinya Yang Harus Anda Ketahui

gulam, morfologi gulma, penggolongan gulmaPenggolongan Gulma Berdasarkan Morfologinya – Gulma adalah merupakan tanaman yang mengganggu tanaman budidaya. Apa bila gulama yang mengganggu melebihi ambang batas toleransi maksimum maka harus di kendalikan atau di musnahkan. Akan tetapi untuk mengendalikan kita harus mengetahui jenis gulma terlebih dahulu. Tujuannya untuk menentukan jenis pengendalian yang tepat. 
Cara pengendalian gulma ada tiga yaitu

   • Pengendalian secara kimia
   • Pengendalian gulma tepadu
Gulma sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal antara lain siklus hidupnya, habitatnya (tempat di mana gulma tumbuh), dan morfologinya. Pengelompokkan gulma yang dominan terdapat di lahan pertanian secara umum dilihat dari morfologinya dapat dibedakan menjadi 3 kelompok/golongan, yaitu:

a). Gulma golongan rumput (grasses: Famili Graminae)
jenis gulma golongan ini memiliki batang yang bulat atau tegak pipih dan berongga. Pada buku-buku daun berbentuk soliter dan  tersusun  dalam  dua  deretan daun, berbentuk pita, tepi daun rata, dan terdiri dari dua bagian yaitu helai daun dan pelepah daun dengan lidah daun di antara dua bagian tersebut.
rangkaian bunga dalamnya membentuk anak bulir, dapat bertangkai atau tidak dengan tiap anak bulir terdiri atas satu atau lebih bunga kecil. Setiap bunga kecil tersebut biasanya dikelilingi oleh sepasang daun pelindung yang tidak sama besarnya, yang besar  disebut  lemna  dan  yang kecil disebut  palea.
Buahnya berbentuk memanjnag yang menyerupai perahu yang disebut buah karyopsis dengan, bulat telur atau datar ramping.


b). Gulma golongan teki (sedges: Famili Cyperaceae)
Jenis gulma golongan trki ini memiliki batang yang berbentuk segi tiga, terkadang juga berbentuk bulat dan tidak berongga. Setruktur dan tersusun tiga deret, tidak memiliki lidah daun di pelepeah dan tangkai daun. Struktur buahnya berbentukbulir atau anak bulir. Buha dilindungi dengan daun pelindung buah yang berbentuk pipih atau gegitiga.

c). Gulma golongan berdaun lebar (broad leaves)
Golongan gulma ini pada umumnya berkembeng biak dengan biji. Gulma jenis ini memiliki biji berkeping dua (Dicotyledoneae) atau paku-pakuan (Pteridophyta). secara umum golongan gulma ini mempunyai daun yang lebar dengan pertulangan daun berbentuk jaringan, menyirip atau menjari. Jenis Gulma ini biasanya memiliki struktur batang basah (herbaceous) seperti bayam duri (Amaranthus viridis) dan krokot (Portulaca oleracea), atau berbatang kayu (lignosus), seperti pada Lantana camara. Batang gulma jenis ini berbeda dengan gulma golongan gulma lainnya (rumput dan teki), gulma golongan ini memiliki percabangan pada pada batang dengan, memiliki bunga yang dapat berupa bunga tunggal atau bunga majemuk (bunga sempurna). Gulma golongan ini termasuk jenis gulma yang memilki sistem perakaran tunggang dan berkayu ataupun tidak.



terimakasih telah membaca artikel Penggolongan Gulma Berdasarkan Morfologinya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penggolongan Gulma Berdasarkan Morfologinya Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel