Kandungan Dan Manfaat ikan Lele Untuk Tubuh


kandugan gizi dan manfaat ikan lele untuk tubuh
Manfaat Dan Kandungan gizi ikan Lele Untuk Tubuh – Telah kita ketahui bahwa untuk memenuhi gizi yang seimbang, kita harus mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Salah satu makanan empat sehat lima sempurna adalah protein yang terkandung di dalam daging. Akan tetapi kita ketahui bersama harga daging tergolong sangat mahal. Ikan merupakan salah satu alternative yang baik untuk menggantikan protein yang terkandung di dalam daging. Untuk memenuhi kebutuhan protein kita sehari hari maka ikan lele sangat cocok untuk dikonsumsi. Selain mudah di dapat harnya juga murah untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. dan juga kandungan gizi ikan lele dan manfaat ikan lele tidak kalah dengan daing sapi, kambing dan ayam. 

Selain protein daging ikan lele juga banyak mengandung gizi-gizi yang lain dan baik untuk tubuh kita. Berikut merupakan kandungan gizi pada daging ikan lele, sebagai berikut:
1.      Lemak
Lemak yang terkandung di didalam daging ikan lele sebesar 1,1 gram/100 gram daging (Dwi S. dan Ijas M). Jika  dibandingkan dengan jumlah daging sapi lemak yang terkandung didalam daging ikan lele lebih sedikit. Untuk mempertahankan kandungan lemahnya lele harus dimasak secara khusus.
2.      Protein
Protein yang terkandung didalam daging ikan lele tidak kalah dengan daging sapi, kambing dan daginga ayam. Kandungan protein yang terkandung dalam ikan lele yaitu berkisaran 18,7 gram/100 gram. Oleh karena itu daging lele dapat dijadikan alternatif untuk pengganti protein jika daging sapi, kambing dan daginga ayam susah untuk didapat atau pas harga ketiga daging tersebut melonjak.
3.      Kaya Vitamin B
Di dalam daging lele terkandung vitamin B yang tersebar antara B1, B2, dan B12. Untuk kandung B1 (tiamin) dalam daging ikan lele sebesar sebesar 0,1 mg, dan B2 (riboflavin) sebesar 0,05 mg. serta kanudngan vitamin Byang paling tinggi yaitu B12. Dalam satu ikor ikan lele mengandung 40% vitamin B12. Vitamin B12 ini sangat penting dalam pemecahan makan dan di ubah menjadi energi.

4.      Fosfor
Fospor yang terkandun g didalam ikan lele per 100 gram yaitu sekitar 260 miligram. Dengan jumlah yang segitu maka 30 persen kebuthan mineral telah terpenuhi ketika kita mengkonsumsi daging ikan lele

5.      Zat Besi
Kandungan zat besi yang ada di dalam daging ikan lele sekitar 2mg. manfaat zat besi ini Untuk mengangkut oksigen, zat besi dengan protein dalam sel darah merah membentuk hemoglobin dan myoglobin di dalam serabut otot. Zat besi dan protenin ini didalam sel membentuk enzim yang berperan dalam pembentukan energy.

6.      Rendah merkuri
Merkuri merupan logam yang terkandung dalam limbah pabrik yang di buang ke dalam badan sungai sebelum pembuangan belum diolah terlebih dahulu. Merkuri ini akan berubah menjadi zar metilmerkuri ji berikatan dengan protein di dalam otot ikan Merkuri yang menumpuk di dalam tubuh kita dengan rentang waktu yang panjang akan menyebabkan keracunan merkuri sampai dengan kerusakan saraf, terutama pada anak yang masih balita.  Hal ini lah yang menyebabkan kita was was dengan makan laut yang memilki kandungan merkurinya tinggi. Terlebih lagi kita mengkonsumsi ikan yang diam bil dari penampungan atau pengolahan limbah industry yang besar, seperti limbah cair Pabrik kelapa sawit dan pabrik karet. Mengurangi mengonsumsi ikan lele juga sangat dianjurkan untuk mencegah resiko penumpukan merkuri didalam tubuh Terutama pada ibu hamil, meskipun merkuri yang terkandung dalam daging ikan lele itu rendah.

7.      Manfaat Calcium
Kalsium yang terkandung didalam daging ikan lele sekitar 15 mg. kalsium ini  penting untuk fungsi saraf, otot, sel, dan tulang. Apabila darah tidak mengandung kalsium yang cukup, darah akan mengambilnya dari tulang yang kemudian tulang akanmelemahkan. Apabila darah kekurangan kalsium, maka darah akan mengambil kalsium pada tulangyang akan menyebabkan tulang akan melemah. Inilah pentinggnya kalsium yang ada di dalam dangin ikan lele akan mengembalikan tulang menjadi kuat akibat pengambilan kalsium oleh darah.


Inilah berbagai manfaat dan kandungan gizi yang ada didalam daging ikan lele. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan bacaan yang menarik. Dan petani Indonesia semakin jaya. Aamiin

SALAM TANI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel