Cara Mengendalikan Rumput Liar Yang Evektif


CARA MEMBASMI RUMPUT LIAR YANG EVEKTIF – kita tahu bersama bahwa rumput liar sangat mengganggu tanaman yang dibudidayan oleh petani. Seberapapun jumlah rumput/gulma yang tumbuh di kebun kita harus bisa membasmi rumput tersebut. Akan tetapin kita tidak boleh asal asalan untuk membasmi rumput yang yang ada di kebun. Kita harus tau cama membasmi rumput liar dikebun agak pengendalian gulma yang kita lakukan evektif dan evisien. Cara membasmi rumput ada macam macam cara diantaranya membasmi rumput atau pengendaian gulma dengan cara kimia dan membasmi rumput dengan cara teknis. Mari kita bahas satu persatu:
A.     Membasmi rumput dengan bahan kimia
Membasmi rumput dengan bahan kimia yang sering juga disebut dengan carun rumput untuk mebuh rumput liat. Pengendalian rumput atau membasmi rumput ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu :
1.      Jumlah rumput/gulma yang di kendaliakan
2.      Fase pertumbuhan tanaman budidaya
3.      Racunr rumput yang di gunakan
4.      Dosis obat yang digunakan
Untuk mengaplikasikan herbisida dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya:
1.      Berdasarkan waktu pengaplikasian herbisida
2.      Berdasarkan cara kerja herbisida
3.      Berdasarkan selektifitas herbisida
4.      Berdasarkan sifar kimia herbisida.

B.     Membasmi rumput secara mekanis
Pembasmian atau pengendalian gulma secara teknis ini lah yang sering dilakukan oleh para petani. Yang sering menggunakan teknik ini yaitu para petani hortikultura. Karena tanaman hortikultura sarat tidak kuat dengan semacam bahan-bahan kimia.
cara pengendalian gulma secara mekanis/fisik juga bias dengan banyak cara, antara lain:
1.      Dengan cara di cabut
2.      Dengan cara di koret
3.      Dengan cara dipotong/dibabat
4.      Dengan cara di bajak
5.      Dengan mesin pemotong rumput

C.   Mengendalikan gulma dengan musuh alami
Menekan rumout dengan musuh alami yaitu mengendalikan gulma dengan bantuan hewan atau dengan tumbuhan-tumbuhan lain. Dengan cara ini ita tidak bisa membunuh secara menyuluruh melainkan hanya menekan pertumbuhan rumput saja. hewan yang biasa dgunakan untuk menekan pertumubuhan gulma diantaranya adalah
1.         Sapi
2.         Kambing
3.         Domba
4.         Rusa
Hewan hewan ini menekan pertumbuhan gulma dengan cara memakan gulma yang tumbuh. Jadi gulma tidak akan tumbuh dengan sempurna. Selain itu tumbuhan juga bisa digunakan untuk menekan pertumbuhan itu sendiri. Yaitu
1.         Tanaman kacang kacangan (leguminosa)
2.         Dengan penanaman yang rapat
Cara kerja dari kedua cara di atas merupakan hanya menghalangi sinar matahari untuk sampai ke rumput. Sehingga rumput tidak bisa berfotosintesis kemudian pertumbuhan rumput/gulma akan kerdil.

Inilah cara yang digunakan untuk membasmi rumput dilahan budidaya. Semoga bermanfaat untuk pembaca. Lebih detailnya berdasarkan cara pengendaliannya akan di bahas pada artikel berikutnya.

SALAM TANI

1 Response to "Cara Mengendalikan Rumput Liar Yang Evektif"

  1. Menurut saya yg lebih efiesien cara membasmi rumput liar yaitu secara mekanis, sebab bisa leluasa lebih dalam mengatur pembasmian pada rumput yang tumbuh liar

    ReplyDelete

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel