Manfaat Rumput Liar Bagi Tanaman Pertanian Dan Lingkungan


Manfaat rumput liar bagi tanaman pertanian dan lingkungan -- Pada dasarnya gulma merupakana tanaman penggagu. Akan tetapi gulma juga masih menyimpan 1000 manfat gulma. Tidak ada satupun makhluk hidup yang diciptakan Tuhan tanpa memberi peran yang baik bagi kehidupan.
 Sebab di akhir penciptaan-Nya pada zaman purba kala, Ia berfirman : “bahwa semuanya itu baik.” Oleh karena itu, kami akan menjelaskan beberapa hal yang sangat penting dan mencolok dari manfaat gulma yang tumbuhnya liar disekitar/ disekeliling anda.

1.     Menahan unsur hara lebih lama.
Rerumputan yang tumbuh disekitar tanaman anda bisa jadi bermanfaat sebagai salah satu komponen yang merekatkan tanah permukaan yang biasanya tidak dilakukan oleh tanaman. Biasanya tanah yang terbuka (tidak berumput/ tidak mengandung tanaman sama sekali) mengendung sedikit unsur hara bahkan bila keadaan ini dibiarkan terus-menerus, lama kelamaan akan menjadi gersang dan kering.

2.     Mencegah terjadinya erosi tanah.
Air permukaan bisa terbentuk sewaktu-waktu, terutama saat musim penghujan tiba. Saat tanah-ladang anda terbuka lebar maka saat itu juga setiap aliran air permukaan akan membawa lari setiap tanah yang ada. Sehingga semakin lama tanah tempat anda berusaha semakin tipis, berkurang, landai bahkan menjadi rendah posisinya dari awal.

3.     Sebagai pesaing tanaman utama memiliki akar yang kuat.
Rerumputan seperti saingan bagi tanaman utama agar lebih gigih dalam mencari unsur hara di dalam tanah. Perkembangan akar tanaman utama akan lebih dalam dan menyebar kesamping untuk bersaing mencari unsur hara bersama akar rerumputan.

baca juga:

Fakfor Yang Mempengaaruhi Pengendalian Gulma

Pengertian Gulma

Gulma Yang Bermanfaat Bagi Tanaman



4.     Sebagai kompetitor yang membuat tanaman utama lebih subur – rumput gambut.
Petani yang bisa mengendalikan kompetisi akan meletakkan rerumputan pada tanaman berakar tunggang (akar lurus ke dalam). Biasanya jenis yang satu ini termasuk dalam tanaman perkebunan keras (berumur panjang). Rerumputan yang hidup di atas tanah biasanya berlapis dan lama kelamaan menggunung dimana lapisan bawahnya telah membusuk. Ini seperti lahan gambut tetapi yang diciptakan oleh rumput liar karena bagian bawahnya telah membusuk. Anda perlu memilih salah satu jenis yang sifatnya tumbuh munjalar memenuhi permukaan tanah. Bagian dalam yang telah membusuk inilah yang akan menambah kesuburan tanah.

5.     Untuk menghambat tanaman lainnya (tanaman besar-berbiji) tumbuh.
Rerumputan yang ada dapat bermanfaat untuk menahan permukaan benih yang tidak diinginkan turut tumbuh bersama di atas tanah yang sama. Ia akan membatasi jumlah tanaman yang tersebar lewat biji-bijian yang secara tidak sengaja terbawa oleh angin, aliran air hujan, hewan termasuk serangga.

6.     Mengurai pupuk lebih dulu sehingga tidak merusak akar tanaman utama.
Setiap pupuk yang anda siramkan di atas tanah tidak akan langsung bersentuhan dengan akar tanaman utama sebab rerumputan akan menahannya duluan. Ini turut menyebabkan pencampuran pupuk dengan bahan-bahan tanah permukaan (salah satunya bermanfaat menetralkan pH) sehingga tidak sampai merusak akar tanaman utama.

7.     Menjadi indikator, baik buruknya teknik pemupukan yang dilakukan.
Anda bisa menjadikan rerumputan sebagai salah satu indikator dari teknik pemupukan yang dilakukan selama ini. Biasanya jikalau rumput saja layu, menguning dan mati oleh pupuk tersebut maka kemungkinan besar tanaman utama akan mengalami hal yang sama. Tetapi ketika pemberian pupuk tidak memadai dan terkesan berlebihan, pastilah rerumputan yang hidup disekitar sana akan menjadi layu hingga mengalami kematian mendadak.

8.     Menjaga vegetasi tanah (kandungan mikroorganisme dan serangga juga cacing tanah).
Tanah dihuni oleh ribuan bahkan tanah yang subur dihuni oleh jutaan bakteri. Semakin tinggi jumlah bakteri di dalam sana maka semakin subur tanah dimaksud. Rumput yang anda biarkan tumbuh berdampingan dengan tanaman anda akan turut menjaga vegetasi permukaan. Sehingga sekalipun ada tekanan, panas dan dingin, makhluk-makhluk kecil yang ada di dalamnya tidak akan hilang (mati terbunuh). Perlindungan semacam ini juga berlaku bagi kehidupan serangga dan cacing yang biasanya membuat terowongan di dalam tanah.

9.     Mencegah dehidrasi tanah oleh penguapan sinar matahari.
Tanah yang kering jelas tidak subur. Rerumputan akan menjadi tabir surya alami bagi permukaan tanah sehingga tidak mudah mengalami dehidrasi akibat panasnya sang mentari. Sekalipun siang hari tiba, tidak akan terjadi penguapan yang berlebihan karena akar rumput yang sambung-menyambung membentuk penghalang yang berlapis.

10.  Anti slip & becek.
Sering sekali di pagi hari saat tanah masih basah sehingga menjadi licin dan mudah terjadi slip. Ini lebih sering terjadi saat musim penghujan dimana komposisi tanah lebih lembab bahkan membentuk lumpur yang menyebabkan permukaannya semakin licin. Bila anda membiarkan rumput tumbuh di atas permukaan tanah tanpa harus merasa ilfil dengannya, maka ia akan menjaga struktur tanah tetap stabil sekalipun saat musim hujan tiba.

Persaingan yang bermanfaat tidak hanya terjadi dalam dunia manusia. Dalam dunia binatang dan tumbuhan juga terjadi persaingan yang benar-benar menguntungkan asalkan bisa dikendalikan oleh Petani. Rerumputan bukanlah pengganggu seperti yang disebutkan oleh beberapa orang melainkan bermanfaat untuk membuat tanaman pertanian menjadi lebih kuat, gigih dan produktif. Oleh karena itu, pilihan yang tepat untuk bersimbiosis mutualisme dengan tumbuhan yang satu ini agar tanaman utama mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Biasanya rumput yang merambat luas tidak hanya menghasilkan tanah gambut melainkan juga melindungi tanah dari degradasi lingkungan yang disebut sebagai erosi.

2 Responses to "Manfaat Rumput Liar Bagi Tanaman Pertanian Dan Lingkungan "

kami berhara kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel