MANFAAT DAN GEJALA KEKURANGAN BORON PADA TANAMAN

Boron juga mrtupakan salah stu unsur hara yang dibutuhkan untuk tanaman. fungsi boron ini sangat penting apabila tanaman tersebut yang di ambil buah atau bunganya. karena boron sangat berperan dalampembentukan bunga yang lebih banyak dalam setiap pohon atau pokok. oleh karena itu kita wajib mengetahui fungsi boron manfaat boron, gejala tanaman kekurangan borom dan cara mengetahui tanaman kekurangan boro atau yang sering disebut juga defisiensi boron.

A. Peranan Boron
Boron diserap tanaman dalam bentuk BO32-. Boron (B) berperan dalam proses fisiologi tanaman, membantu sintesis protein, mengatur kebutuhan air didalam tanaman, membentuk serat dan biji, merangsang proses penuaan tanaman sehingga jumlah bunga dan hasil panen meningkat, membawa karbohidrat ke seluruh jaringan tanaman, mempercepat penyerapan unsur Kalium, berperan pada pertumbuhan tanaman khususnya di bagian yang masih aktif (mengalami deferensiasi) pembentukan sel, dan meningkatkan kualitas produksi. 

B. Gejala Defiiensi Boron
Gejala awal defisiensi Boron adalah memendeknya ukuran daun muda yang menunjukkan kondisi khas, yaitu flat top (rata bagian atas).
Daun-daun yang menderita defisiensi Bo warnanya hijau gelap, rapuh dan berbentuk keriput. Selain itu menunjukkan gejala yang disebut sebagai hooked leaf, fish bone leaf dan blind leaf yang mudah diidentifikasi di lapangan. 

C. Penyebab Defisiensi Boron
  • Tanaman kelapa sawit dipupuk dengan N, K, dan Ca dalam dosis yang berlebihan.
  • Kadar Bo tersedia dalam tanah sangat rendah (misalnya yang terjadi pada tanah-tanah berpasir dan tanah-tanah gambut).
  • Keasaman (pH) tanah 7,5.
  • Peningkatan pengambilan Bo dalam tandan sawit disebabkan perbaikan penyerbukan oleh Elaedobius kamerunikus, yang tidak diimbangi dengan pemupukan Bo.
  • Dosis Bo yang tidak mencukupi untuk mendukung peningkatan produktivitas yang tinggi atau tanaman kelapa sawit yang tumbuh pada tanah dengan kadar Bo yang rendah.


D. Pencegahan Defisiensi Boron
Kadar Boron daun optimum adalah 12-25 μg/g. Akan tetapi tanaman yang dipupuk dengan Bo dalam jumlah yang mencukupi kadang-kadang berkadar Bo dalam daun di luar selang angka tersebut. Sodium Borate (Na2B4O7.10H2O) merupakan pupuk Bo yang sangat umum dipakai dan pemupukan dengan dosis 100-200 gr Sodium Borate/pokok/ tahun diperlukan sebagai anjuran umum.

E. Perlakuan Pada Tanaman Defisiensi Boron
  • Tanaman kelapa sawit yang menderita defisiensi Bo yang berat perlu dipupuk dengan 200 g Sodium Borate/pokok/tahun.
  • Pupuk Bo ditabur di piringan pokok tetapi harus dekat ke bagian pangkal batang. Pemupukan Bo di ketiak daun kurang dianjurkan karena penyebaran Bo dalam jaringan tanaman tidak merata, bahkan mungkin akan menimbulkan keracunan Bo bagi tanaman.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel