PERSYARATAN TUMBUH TANAMAN KANGKUNG DARAT DAN KANGKUNG AIR

syarat tumbuh kangkung darat, syarat tumbuh kangkung air, syarat tumbuh kangkung cabut, syarat agar tanaman kangkung tumbuh dengan baik, syarat tumbuh sayur kangkung


PERSYARATAN TUMBUH TANAMAN KANGKUNG DARAT DAN KANGKUNG AIR – Tanaman kangkung tidak memerlukan persyaratan tempat tumbuh yang sulit. Salah satu syarat yang penting adalah air yang cukup, terutama untuk kangkung air. Bagi kangkung darat apabila kekurangan air pertumbuhannya akan mengalami hambatan, sehingga perlu dilakukan penyiraman. Kangkung dapat ditanam di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Pada dataran rendah, biasanya kangkung ditanam di kolam atau rawa-rawa atau di atas timbunan bekas sampah dan juga di tegalan. Waktu tanam yang baik adalah pada musim hujan untuk kangkung darat. Pada musim hujan tanaman kangkung pertumbuhannya sangat cepat dan subur, asalkan di sekeliling tidak tanaman pengganggu (gulma) disekitarnya. Dengan demikian, kangkung pada umumnya bisa diantara rumput liar, akan tetapi pertumbuhannya tidak makasimal. Sehingga kangkung dapat tumbuh di padang rumput, kebun/ladang yang agak rimbun. Pada tanaman kangkung air akan tumbuh subur pada musim musim kemarau. Akan tetapi semua jenis kangkung ini pada umumnya Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun. 


Berikut merupakan syarat tumbuh tanaman kangkung:
  • Kangkung sangat cocok di tanaman di iklim tropis
  • Jumlah curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman kangkung berkisar antara 500-5000 mm/tahun.
  • Tanaman kangkung membutuhkan sinar matahari yang cukup. Di tempat yang terlindung (ternaungi) tanaman kangkung akan mengalami etiolasi (tumbuh memanjang dan kurus-kurus).
  • Suhu udara yang cocok untuk ditanami kangkung yitu 25 – 30 oC.
  • Kangkung darat menghendaki tanah yang subur, gembur banyak mengandung bahan organik dan tidak dipengaruhi keasaman tanah.
  • Lahan kangkung darat harus memiliki drainase yang baik.
  • Tanaman kangkung membutuhkan tanah datar bagi pertumbuhannya, sebab tanah yang memiliki kelerengan tinggi tidak dapat mempertahankan kandungan air secara baik.
  • Kangkung dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik di dataran rendah sampai dataran tinggi (pegunungan) ± 2000 meter dpl. Baik kangkung darat maupun kangkung air, kedua varietas tersebut dapat tumbuh dimana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Hasilnya akan tetap sama asal jangan dicampur aduk.


0 Response to "PERSYARATAN TUMBUH TANAMAN KANGKUNG DARAT DAN KANGKUNG AIR"

Post a Comment

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel