CARA MELAKUKAN PEMUPUKAN DASAR / AWAL UTUK TANAMAN ORGANIK


Cara Melakukan Pemupukan Dasar/Awal Pada Lahan Budidaya – Pemupukan merupakan kegiatan petani untuk menambah unsur hara esensial tanah yang di butuhkan oleh tanaman. Berdasarkan pengetahuan saya pemupukan dilakukan dengan dua tahap, Pertama Sebelum tanam yang dinamakan pemupukan dasar. Pemupukan kedua yaitu pemupukan yang dilakukan saat tanaman sudah memiliki akar. Penambahan pupuk dasar ini merupakan langkah awal sebelum budidaya dilakukan. Pemberian
asupan pupuk pada tanaman yang sudah memiliki akar biasanya bisa melalui 2 (dua) perlakuan, yaitu Pemupukan melalui akar dan Pemupukan melalui daun. Pemupukan ini amat disarankan dalam setiap berbudidaya tanaman. Berbudidaya yang baik, juga memperhatikan Pupuk Dasar. Waktu pemberian pupuk dasar ini yaitu berbarengan saat pengolahan lahan. hal ini bertujuan agar pupuk yang diberikan dapat bercampur sempurna kedalam tanah. Pupuk yang baik digunakan dan sangat bermanfaat untuk pupuk dasar adalah pupuk organik dalam jenis pupuk kompos dan pupuk kandag. akan tetapi bisa juga menggunakan pupuk anorganik yang di jual di toko pupuk pertanian, jeis pupuk anorganik yang dapat dibaca di sini
manfaat pupuk kandang dan pupuk kompos dapat di baca:
          Manfaat Dan Kandungan Unsur Hara Pupuk Kandang
          Manfaat Pupuk Kompos

1.  Tujuan Pemupukan Pupuk Dasar
Tujuan dari pemupukan dasar adalah sebagai berikut: 
  • Memacu   pertumbuhan   bibit   tanaman   atau   benih   tanaman   pada media pembibitan.
  • Untuk  menetralkan  tanah  atau  mengubah  pH  tanah  mendekati  pH netral dengan pupuk fisiologis asam untuk tanah alkalis dan pupuk fisiologis alkalis untuk tanah masam.
  • Untuk   sanitasi   tanah   terhadap   organisma   pengganggu   tanaman dengan pupuk fisiologis asam.
  • Untuk   meningkatkan    kesuburan    fisik   media   tumbuh    tanaman dengan pupuk organik.
  • Mengurangi  daya  fiksasi  tanah  terhadap  posfat  pada  tanah  asam dengan kapur, pada tanah alkalis dengan belerang.

2.  Jenis dan dosis pupuk dasar
Untuk mentukan pupuk dasar maka kita dapat membaca jeis pupuk yang baik digunakan untuk pupuk dasar di bawah ini:
  • Jenis   pupuk   yang   bekerjanya   cepat   diberikan   sebagian   dosis untuk pupuk dasar dan sisanya sebagai pupuk susulan.
  • Jenis   pupuk   yang   bekerjanya    sedang    atau   lambat   diberikan sebagai pupuk dasar seluruhnya atau sebagian besar dan sisanya disusulkan.
  • Jenis   pupuk   alam   atau  organis   diberikan   sebagai   pupuk   dasar seluruhnya   beberapa   minggu   sebelum   tanam   atau   bersamaan tanam.

3.  Teknik pemupukan dasar
Supaya pemupukan dasar tepat sasaran maka menggunakan cara cara yang tepat. merikut merupakan cara cara yang baik untuk memberikan atau mengaplikasikan pupuk dasar atau pupuk awal:
  • Pupuk  yang  mudah  difiksasi  oleh  tanah  diberikan  dekat  perakaran atau disisi tanaman dalam lubang atau larikan.
  • Pupuk  organik  disebar  rata  di  permukaan  tanah  sebelum  tanam, atau dibenamkan merata dalam tanah sambil membajak tanah.
  • Kompos   atau   pupuk   organik   dicampurkan   dengan   tanah   galian lubang tanam sebelum bibit ditanamkan.
  • Untuk    menghindari    plasmolisis    sebaiknya    pupuk   urea   jangan diberikan dekat akar atau benih tanaman.
  • Berikut penjelasan tentang pupuk dasar 

artikel terkait:
jenis pupuk dasar, pupuk dasar padi, pupuk dasar cabe besar, pupuk dasar untuk tanaman cabai merah, laporan pemupukan dasar, pupuk dasar aquascape, komposisi pupuk untuk tanaman cabe

0 Response to "CARA MELAKUKAN PEMUPUKAN DASAR / AWAL UTUK TANAMAN ORGANIK"

Post a Comment

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel