Syarat Tumbuh Tanaman Karet

persyaratan tumbuh tanaman karet, syarat pertumbuhan tanaman karet, syarat tumbuh bagi tanaman karet, makalah syarat tumbuh tanaman karet , jurnal syarat tumbuh tanaman karet, syarat tumbuh tanaman karet pdf
syarat tumbuh tanaman karetmenanam tanaman karet harus dilakukan pada  kondisi agroklimat (limgkungan) yang sesua agar tanaman bisa tumbuh dan produksinya maksimal. Tanaman karet dapat  adaptasi pada semua tipe lahan  akan tetapi untuk lahan tergenang kurang bagus untuk di tanami. 


Membangun kebun karet diperlukan teknologi budidaya karet yang mencakup beberapa kegiatan yaitu: syarat tumbuh tanaman karet, klon-klon rekomendasi, bahan tanam/bibit, pemeliharaan tanaman, pemupukan, pengendalian hama/ penyakit dan penyadapan/panen. Syarat tumbuh tanaman karet memerlukan kondisi-kondisi tertentu yang merupakan syarat hidupnya. 

Lebih rinci syarat tumbuh diuraikan sebagai berikut:

A. Iklim
Daerah yang cocok untuk ditanami tanaman karat adalah antara 150 LS dan 150 LU, dengan suhu harian 25 – 30 oC. suhi ini sangat cocok di tanam di asia tenggara dan amerika.

B. Curah hujan 
syarat tumbuh Tanaman karet selanjutnya yaitu curah hujan optimal antara 2.000-2.500 mm/tahun dengan hari hujan berkisar 100 s/d 150 HH/tahun. Lebih baik lagi jika curah hujan merata sepanjang tahun. Akan tetapi di iklim pada daerah 150 LS dan 150 LU, dengan suhu harian 25 – 30 oC memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan.. Sebagai tanaman tropis, karet membutuhkan sinar matahari sepanjang hari, minimum 5- 7 jam/hari.

                                            Kriteria Pewilayahan Agroklimat Tanaman Karet
                                             sunberPedoman Budidaya Karet

C. Tinggi tempat
Ketinggian tempat yang ideal untuk budidaya karet adalah 0 - 200 meter dari permukaan laut (dpl). Persyaratan tumbuh tanaman karet tumbuh optimal pada dataran rendah dengan ketinggian 200 m – 400 m dari permukaan laut (dpl). Pada ketinggian melebihi 400 m dpl dan suhu harian lebih dari 30 oC, akan mengakibatkan tanaman karet tidak bisa tumbuh dengan baik.

Baca juga: 

D. Angin
Tanaman karet tidak menyukai angin yang kenjang. Tanaman karet merupakan pohon yang tumbuh tinggi dan berbatang besar. Apabila  anginterlalukencang maka pohon akan mudah tubang. Tinggi pohon dewasa mencapai 15 - 25 m. Batang tanaman biasanya tumbuh lurus dan memiliki percabangan
yang tinggi di atas.

E. Tanah
Berbagai jenis tanah dapat sesuai dengan syarat tumbuh tanaman karet baik tanah vulkanis maupun alluvial. Pada tanah vulkanis mempunyai sifat fisika yang cukup baik terutama struktur, tekstur, solum, kedalaman air tanah, aerasi dan drainase, tetapi sifat kimianya secara umum kurang baik karena kandungan haranya rendah. Sedangkan tanah alluvial biasanya cukup subur, tetapi sifat fisikanya kurang baik sehingga drainase dan aerasenya kurang baik. Tanah-tanah kurang subur seperti podsolik merah kuning yang ada di negeri ini dengan bantuan pemupukan dan pengelolaan yang baik bisa dikembangkan menjadi perkebunan karet dengan hasil yang cukup baik.Padas pada lapisan olah tanah tidak disukai tanaman karet karena mengganggu pertumbuhan dan perkembangan akar, sehingga proses pengambilan hara dari dalam tanah terganggu. Derajat keasaman mendekati normal cocok untuk tanaman karet, yang paling cocok adalah pH 5-6. Batas toleransi pH tanah  adalah 4-8. Sifat-sifat tanah yang cocok pada umumnya antara lain; aerasi dan drainase cukup, tekstur tanah remah, struktur terdiri dari 35% tanah liat dan 30% tanah pasir, kemiringan lahan <16% serta permukaan air tanah <  100 cm.

sumber:
Nasir G.  2004. Pedoman Budidaya Karet (Hevea Brasiliensis) Yang Baik.  Kementerian Pertanian                            Direktorat Jenderal Perkebunan.
Damanik S., M. Syakir, Made T., Siswanto.  2010.  Budidaya Dan Pasca Panen
              Karet. 

4 Responses to "Syarat Tumbuh Tanaman Karet"

  1. supaya karet tumbuh dengan baik juga ada syarat yg dipenuhi ternyata, di riau ini juga banyak tanaman karet loh :D salam kenal dari blogger riau

    ReplyDelete
  2. Oalah, aku baru tau kalo pohon karet mesti ditanem di kondisi tertentu. Nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas agar brodusi latk/getahnya maksimal. tetapi tanaman karet ya bisa di tana dsembarang tmpat yag mmiliki iklim tropis

      Delete

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel