6 Jenis Ikan Lele Yang Mudah Dibudidayakan Di Indonesia

Jenis Ikan Lele Yang Mudah Dibudidayakan Di Indonesia | macam macam ikan lele di indonesia | ikan lele yang cepet besar

Ada banyak ikan lele yang dibudidayakan di Indonesia karena ikan lele adalah salah satu ikan yang rasanya enak dan cara merawar ikan lele masih tergolang mudah. akan tetapi ada jenis-jenis ikan lele yang pertumbuhannya lambat. berikut merupakan jenis-jenis ikan lele yang bayak dibudidayan oleh masyarakat indonesia karena dalam perhitungan bisnisnya menguntungkan.

1. Lele lokal
Lele spesies Clarias batrachus Dikenal dari tahun 1975, dan merupakan lele asli perairan Indonesia.  lele lokal masih banyak penggemarnya karena dagingnya gurih dan kenyal (tidak banyak lemak). warna dangi yang agak keorenan ketika dimasak . Kelemahannya, pertumbuhannya lambat. Untuk mencapai 500 gram, lele lokal butuh waktu hingga 1 tahun.


2.    Lele sangkuriang
Lele sangkuriang ini kemudian dikembangkan lebih lanjut pada tahun 2010, kali ini dengan menyilangkan lele sangkuriang dengan lele dari sungai Nil, Afrika. Meski diklaim memiliki pertumbuhan 10x lebih cepat tapi lele sangkuriang II ini belum dilepas ke umum. Lele sangkuriang adalah jenis lele hasil perbaikan genetik lele dumbo yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Perbaikan ini diawali penurunan kualitas indukan lele dumbo akibat inbreeding, alias perkawinan dengan kerabatnya sendiri. Perkawinan silang balik (crossback) pun dilakukan dengan cara mengawinkan induk lele dumbo betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan generasi keenam (F6), yakni sediaan induk yang ada di BBPBAT Sukabumi. Lele hasil persilangan ini ternyata memiliki sifat lebih unggul dari lele dumbo, seperti fekunditas telur lebih banyak dan FCR lebih rendah. Perbedaan pertumbuhan lele sangkuriang dengan lele dumbo dapat dilihat pada tabel berikut:

3. Lele dumbo
Lele dumbo memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari lele lokal. Tapi dari segi rasa, beberapa menganggap daging lele dumbo yang teksturnya lembek masih kalah dengan lele lokal. Lele dumbo diperkenalkan di Indonesia dari Taiwan pada tahun 1985. Ikan persilangan antara Clarias gariepinus dan Clarias fuscus ini memiliki keunggulan yang disukai pembudidaya, di antaranya dapat dipijahkan sepanjang tahun, fekunditas telur yang besar, tahan penyakit, pertumbuhan cepat, dan efisiensi pakannya tinggi.

4. Lele phyton

Lele phyton memiliki kepala mirip kepala ular phyton, memiliki sungut dan ukuran tubuh lebih panjang, dan ekornya lebih bulat. Banyaknya petani ikan di Pandeglang yang mengeluhkan adanya kematian massal pada benih lelenya. Ternyata, benih lele yang digunakan tidak cocok dengan iklim desa setempat yang dingin. Sekelompok petani pun bereksperimen untuk melakukan penyilangan antara indukan lele betina dari Thailand dengan induk jantan lele dumbo F6. Hasilnya, varietas lele baru yang tahan terhadap cuaca dingin sehingga SR (survival rate) lebih tinggi, mencapai 90%.

5. Lele masamo
Ciri-ciri ikan lele masamo antara lain kepalanya lonjong seperti sepatu pantofel, adanya pola seperti tahi lalat di sekujur tubuhnya, dan memiliki tonjolan di tengkuk kepala. Lele masamo sempat menjadi rebutan dengan harga calon indukan yang 2-4 kali lebih mahal dibanding lele jenis lain. Lele masamo dikembangkan oleh salah satu pabrikan pakan di Mojokerto, Jawa Timur. Disebutkan dari pengembangnya, lele ini adalah hasil gabungan genetik 7 strain lele yang berasal dari berbagai negara. Hasilnya, lele masamo memiliki beberapa keunggulan seperti pertumbuhan yang cepat, lebih tahan terhadap penyakit, dan yang paling mencolok adalah rakus dan agresif soal makan tapi memiliki efisiensi pakan tinggi.

6. Lele mutiara
Lele mutiara banyak diperbincangkan akhir-akhir ini karena kualitasnya yang unggul dari jenis-jenis lele sebelumnya. Dikembangkan oleh Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi, Subang, Jawa Barat, lele mutiara adalah hasil seleksi dari persilangan antara lele dumbo lokal, lele mesir, lele phyton, dan lele sangkuriang. Dilansir dari laman web BPPI Subang, keunggulan lele mutiara ini antara lain:

6 Responses to "6 Jenis Ikan Lele Yang Mudah Dibudidayakan Di Indonesia"

  1. ternyata ada 6 ya lele yang di mudah di budidayakan di negara kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas ini yag bisa membantu perekonomian masnyarakat

      Delete
  2. lele jumbo, daerah saya banyak yg ternakin,lele lokal mungkin yg dinamakn limbad

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas. lele lokal itu lele yang biasa hidup di rawa. da wara danging kekuningan rasaya juga lebih enak. tapi cara pembudidaan lumayan lama

      Delete
  3. Suka banget makan ikan lele kak pengen budidaya sendiri biar tiap hari bisa makan lele terus, paling suka lele lokal sih jadi cocok nih dapat info dari sini. trimakasih kak

    ReplyDelete

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel