PEMBIBITAN PRE NURSERY KELAPA SAWIT

Pembibitan pre-nusery merupakan pembibitan awwal yang dilakuka pada budidaya tanaman kelapa sawit setelah dilakukan perkecambahan. Tujuan pembibtan Pre ursery itu sendiri adalah memberikan waktu longgar untuk membuat persiapan areal bibitan dan mempersempit tempat pemeliharaan bibit selama 3 bulan pertama atau pada saat bibit memilki 4-5 helai daun untuk memudahkan kegiatan pemeliharaan yang optimal. Dalam pembibitan awal yang dilakukan selama 3 bulan ini (Pre Nursery) ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah ukuran polybag, media tanam pengisian pilybag, dan penyusunan polybag.

Ukuran Polybag
Ukuran polybag pada pembibitan ini biasanya menggunakan babybag adalah 0,075 mm x 15 cm x 23 cm lay flat (setelah diisi akan berdiameter ± 10 cm dan tinggi ± 17,5 cm) babybag berwarna hitam dengan dua baris lubang perforasi berjarak 5 cm x 5 cm. Letak lubang dimulai dari tengah kantong plastik bagian bawah.

Media Tanam
Media tanam menggunakan top soil (kedalaman 20-30 cm) tanah mineral dengan tekstur lempung, kecuali di areal gambut maka dapat menggunakan tanah gambut. Media tanah tersebut sebaiknya diayak (disaring) memakai saringan 1 cm x 1 cm untuk mencegah masuknya gumpalan-gumpalan tanah yang menyebabkan polybag tidak terisi sempuran, serta bersih dari sampah dan kotoran. Media tanam harus dicampur dengan 50 kg pupuk Rock Posphate setiap (RP) ± 2 m3 tanah (± 1.000 polybag kecil).

Pengisian Polybag
Untuk menghasilkan media babybag yang terisi tanam sempurna pada maka haru memeperhatikan cara-cara sebagai berukut:
1.     polybag harus sudah diisi tanah dalam jumlah cukup sebelum empat minggu sebelum penanaman kecambah.
2.     Guncang polybag pada waktu pengisian untuk memadatkan tanah dan diisi sampai mencapai ketinggian -1 cm dari bibir polybag (hampir penuh).
3.     Polybag disiram air setiap hari sampai tanah jenuh sebelum dilakukan penanaman dan isi kembali dengan tanah bila tannah yang berada didalam polybag menyusut terlalu banyak.

Penempatan dan Penyusunan Polybag
Penyusunan polybag pada pembibitan harus diperhatikan secara detail agar proses peneliharaan dan perawatan dapat sempurna tidak menghambat pekerja. Berukut merupakan aturan-aturan penyusunan polybag pada pembibitan prenusery
1.     Persiapkan bedengan dengan lebar 120 cm dan panjang yang disesuaikan dengan kondisi areal (10-15 m), jarak antar bedengan 70 cm. Tanah bedengan ditinggikan +/- 6 cm dengan mengikis tanah dari daerah antar bedengan, sehingga air tidak akan tergenang di bedengan. Dipasang papan lebar 10 cm atau bambu disepanjang pinggir bedengan, untuk menahan agar polybag tidak tumbang.
2.     Polybag disusun secara rapat pada bedengan. Dalam satu bedengan areal pre nursery dapat disusun sebanyak 1.200 s/d 1.800 polybag kecil.

Persiapan lahan pada pembibitan dapat dilihat disini 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel