PEMBIBITAN MAIN NURSERY PADA KELAPA SAWIT


Transpalanting (perpindahan dari Pre Nursery ke Main Nursery) dilakukan pada bibit yang berumur 3 s/d 4 bulan atau memiliki 4 s/d 5 helai daun. Proses pembibitan ini disebut juga yaitu pembibbitan main nusery. Pembibitan main nusery yaitu proses tindak lanjut dari pembibitan pre nusery sebelum bibit ditanam di tempat yang lebih luas
Yaitu pada tempat pembuididayaan tanaman kelapa sawit.

Polybag
Polybag yang digunakan di pembibitan main nusery yaitu berukutan tebal  0,15 mm x tinggi 35 cm dan lebar x 50 cm lay flat (setelah diisi tanah diameter ± 23 cm dan tinggi ± 39 cm) berwarna hitam dengan empar garis lubang perforasi berjarak 5 cm x 5 cm antara lubang satu dengan lubang yang lain.Ketebalan polybag yang digunakan harus merata, hal ini dapat dilihat dengan cara mengamati dibalik sinar matahari, tidak ada bagian terang karena tipis. Kelenturan polybag harus baik agar tidak rusak atau mudah merobek karena pemuaian yang diakibatkan oleh terik matahari hari.

Media Tanam
Media tanam menggunakan top soil (kedalaman 20-30 cm) tanah mineral dengan tekstur lempung, kecuali di areal gambut maka dapat menggunakan tanah gambut. Media tanah tersebut sebaiknya diayak (disaring) memakai saringan 1 cm x 1 cm untuk mencegah masuknya gumpalan-gumpalan tanah yang menyebabkan polybag tidak terisi sempuran, serta bersih dari sampah dan kotoran. Media tanam harus dicampur dengan 50 kg pupuk Rock Posphate setiap (RP) ± 2 m3 tanah (± 1.000 polybag kecil).

Pengisian Polybag
Polybag harsu sudah selesai diisi tanah minimal 4 minggu sebelu pemindahan bibit dari Pre Nursery, perlakuan ini bertujuan untuk mendapatkan tingkat kepadatan tanah yang stabil setelah dilakukan penyiraman setiap hari. Cara Pengisian juga mempengaruhi proses pemadatan tanah didalam polibag, oleh karena itu harus di perhatikan juga proses ppengisianya
Berikut merupakan cara-cara pengisian polybag Besar (Large Bag) :
  1. Polybag harus dibalik sebelum diisi tanah agar polybag dapat berdiri tegak dan silendris.
  2. Media tanah harus disaring melalui saringan 1,5 cm x 1,5 cm untuk menghindari adanya gumpalan-gumpalan tanah, sampah, akar tanaman.
  3. Persiapkan media tanam dan isikan ke dalam polybag, hindarkan pemadatan tanah dalam polybag dengan cara menekan kuat ke arah bawah, tetapi dengan cara mengguncang hingga ketinggian tanah 2,5 cm dari bibir polybag.


Penempatan Polybag
Penyusunan Polybag membentuk segitiga sama sisi dengan panjang sisi 90 cm. Untuk dapat menempatkan polybag dengan rapi, terlebih dahulu dilakukan pemancangan.  Alat ukur pancang menggunakan tali ditandai dengan cat atau yang lainnya dan anak pancang berfungsi untuk menandai titik letak polibek ketika titik letak sudah ditentukan. Pada saat pemindahan polybag, tidak dibenarkan meyengkram/menjinjing bibir polybag, tetapi memindahkan dengan cara memegang/menyangga dasar dari polybag tersebut, agar polybag tidak robek. Saat penggantian pilybag dari pre-nusery tanah diusahakan untuk tidak rontok atau pecah, apabila hal ini terjadi maka pertumbuhan bibit di main nusery dapat rehambat.

Transpalanting di Polybag Besar
Prosedur pelaksanaan transpalanting dari polybag kecil ke polybag besar adalah :
a.    Untuk temapt pemindahan bibit polybag kecil dibutuhkan cutter untuk menyayat polybag kecil tersebut, dan dibutuhkan angkong untuk memindahkan ke areal Main Nursery.
b.    Pastikan polybag besar sudah tersusun benar dengna posisi tegak dan telah diisi dengan tanah sesuai setandar.
c.    Satu hari sebelum tranpalanting, siram tanah yang ada polybag besar sampai mendekati jenuh air, guna memudahkan pembuatan lubang tanam pada keesokan harinya.
d.    Buat lubang di tengah polybag dengna menggunakan alat pelubang yang sudah dipersiapkan, kedalaman lubang dibuat ± 20 cm atau disesuaikan dengan lebar dan tinggi tanah di polybag pre nusery.
e.    Siram bibit di pre nursery sebelum dipindahkan ke main nusery
f.     Setelah bibit yang akan ditranspalanting berada disamping polyubag main nusery, maka sayat polybag kecil secara vertikal disepanjang sisinya dengan cutter, keluarkan bibit lengkap dengan tanahnya dari polybag pre nursery dengan hati-hati dan masukkan ke dalam lubang tanam di polybag main nusery, dan dipastikan saat memindahkannya tidak ada rongga diantara tanah yang baru dipindahkan.

g.    Lakukan penyiraman secukupnya segera mungkin sesudah transpalanting.


untuk mengetahui perawatan pembbitan main nusery pada kelapa sawit dapat klik disini

0 Response to "PEMBIBITAN MAIN NURSERY PADA KELAPA SAWIT"

Post a Comment

Silahkan berkomenta dengan bijak dan relevan sesuai artikel