PENGERTIAN PERTANIAN DAN AGRONOMI




 Pertanian
 Pertanian dalam arti luas mencakup pembudidayaan tanaman dan hewan yang
disengaja untuk digunakan bagi manusia.  Pertanian dalam arti luas mencakup
berbagai kegiatan berikut: 

  1. Pemilihan Tanaman : Kegiatan ini dimulai dengan seleksi atau pemilihan tanaman, lalu dilanjutkan dengan pengembangannya untuk mendapatkan karakteristik tanaman yang lebih baik daripada sebelumnya.  Kegiatan ini disebut juga dengan pemuliaan tanaman.
  2. Pembiakan tanaman/Produksi benih: kegiatan ini bertujuan untuk menggadakan atau memperbanyak jumlah tanaman atau bibit dengan tetap melestarikan kualitas unggulnya.
  3. Produksi tanaman: Kegiatan ini memliputi pembudidayaan tanaman dalam kondisi yang lebih terkontrol untuk memaksimalkan hasil.
  4. Penanganan dan penyimpanan hasil pertanian: kegiatan ini bertujuan untuk mengawetkan dan menyimpan hasil pertanian sesuai dengan kebutuhan manusia, serta pengangkutannya ke daerah lain.
  5. Teknologi pangan: kegiatan ini mencakup penggunaan, pengubahan dan pengawetan hasil –hasil pertanian menjadi pangan dan kegunaan lain.


Definisi Agronomi 
Semua aktivitas budidaya tanaman disebut juga dengan istilah agronomi.  Agronomi adalah semua aktivitas memproduksi atau membudidayakan tanaman dengan memper hatikan pelestarian sumberdaya lahan dan lingkungan. Kata agronomi berasal dari akar kata dalam bahasa Yunani agros (=lahan pertanian) dan nomos (=mengelola). Tanaman yang dibudidayakan untuk kebutuhan hidup manusia banyak macamnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel