METODE PENGUMPULAN DATA




Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk mepermudah pelaksanaan dan pengumpulan data pada instansi  adalah metode magang  metode wawancara, metode studi pustaka, metode diskusi, dan metode pembuatan laporan sementara.

1)   Metode Magang
Metode magang merupakan suatu cara yang digunakan untuk terjun langsung ke lapangan mengikuti, mengamati, mempelajari serta memahami kegiatan yang berkaitan dengan proses pengolahan karet sampai menghasilkan limbah.  Tujuan dari metode ini yaitu untuk membandingkan antara teori dengan praktik langsung di lapangan dan memahami masalah-masalah yang terjadi.

2)   Metode Wawancara
Wawancara merupakan pengumpulan data dengan bertanya secara langsung dengan penanggung jawab lapang.  Pengumpulan data sekunder, serta observasi langsung untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan pengolahan karet menjadi sheet dan juga menghasilkan bahan sisa atau bekas hasil olahan berupa limbah.

3)   Metode Studi Pustaka
Metode studi pustaka merupakan pengumpulan data dari sumber-sumber lain yang berkaitan dengan proses kegiatan mulai dari penyadapan sampai menghasilkan limbah yang telah dilakukan dan dilaporkan pada laporan praktik umum.

4)   Metode Diskusi
Metode diskusi ini dilakukan dengan pembimbing untuk mempelajari data yang telah diperoleh selama kegiatan secara lebih lanjut.

5)   Pembuatan Laporan Sementara
Pembuatan laporan sementara dilakukan di akhir kegiatan praktik umum dengan pembimbing lapang.  Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki laporan praktik umun secara tertulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel