Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Yang Harus Petani Ketahui


Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Yang Harus Petani Ketahui – Daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Madura, D.I. Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Maluku merupakan daerah penghasil jagung di Indonesia. 

Daerah Jawa Timur dan Madura khususnya, cara masyarakat  melakukan  kegiatan budidaya tanaman jagung secara intensif. Karena  kondisi tanah dan iklim di daerah Jawa Timur dan Madura sangat mendukung untuk pertumbuhan tanaman jagung. Maka hasil yang di peroleh akan masimal.


Tidak ada persyaratantan tumbuh yang rumit baik jagung lokal, jangung manis, maupun jagung hibrida. semua syarat tumbuh tanaman jagung baik iklim dan ketinggian tempatnya. begitupun syarat media tanman yang baik untuk digunakan sebagai tempat budidaya jagung. Daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia adalah Jawa NTT, Sulawesi dan Maliku
SYARAT PERTUMBUHAN JAGUNG
Asal tanaman jagung dari adalah daerah tropis. Akan tetapi tanaman jagung beradaptasi menyesuaikan diri dengan lingkungan selain daerah yang beriklim tropis. Syarat tumbuh tanaman Jagung tidak terlalu sulit. 

Tanaman jagung manpu tumbuh di berbagai macam jenis tanah bahkan pada kondisi tanah yang tidak terlalu basah basah. akan tetapi untuk membuat tanaman jagung  tumbuh optimalnya membutuhkan syarat-sarat tertentu. Beberapa syarat tumbuh jagung sebagai berikut.

1. Iklim
Iklim merupakan syarat tumbuh yang sangat harus diperhatikan oleh para petani ketika akan memulai menanam jagung. karena dapat berakibat fatal jika petani akan memulai menanam jagung. ada beberapa syarat pertumbuhan jagung yang berkaitan dengan iklim yaitu:

a) Letak Geografis
Iklim yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung adalah daerah-daerah yang memiliki iklim sedang sampai daerah yang beriklim sub-tropis/tropis yang basah. Tanaman jagung mampu tumbuh di daerah yang terletak antara 0-50 derajat LU sampai 0-40 derajat  LS.

b) Curah Hujan
Di lahan yang tidak memiliki jaringan irigasi, pertumbuhan tanaman jagung memerlukan curah hujan cukup. Curah hujan yang ideal untuk tanaman jagung sekitar 85-200 mm/bulan dan harus merata selama tanaman jagung masih hidup. karena pada saat fase tumbuh bunga dan pembentukan biji tanaman jagung tongkol perlu mendapatkan air yang cukup. oleh karena itu tanaman jagung lebih baik di tanam di awal musim hujan, atau menjelang musim kemarau.

c) Penyinaran Matahari
Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman jagung saat proses pertumbuhan dan perkembangan . Pertumbuhannya tanaman jagung akan terganggu apabila ternaungi, dan iji yang dihasilkan  kurang sempurna bahkan tidak dapat membentuk buah secara.

d) Suhu
Tanaman jagung ikehendaki suhu lahan budidaya antara 21-34 derajat C, akan tetapi suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman yang ideal antara 23-27 derajat C. Dengan suhu 30 derajat C benih jagung akan semakin cepat mengalam perkecambahan.

e) Waktu Panen
pemanenan tanaman jagung yang paling baik dalah pada saat musim kemarau, apa lagi ketika pengeringan biji jagung dilakukan di lahan sebelum di petik. karena musim saat pemanenan akan berpengaruh terhadap kadar air biji jagung itu sendiri.

2. Media Tanam
Media tanam jagung sama dengan tanaman budidaya yang lainya. Tidak memerlukan tambahan media untuk melakukan budidaya jagung, baik jagung lokal, jangung manis, maupun jagung hibrida. untuk lebh jelasnya, mari kita baca sampai selesai arrtikel ini.
a)  Tanah yang digunakan untuk budidaya tanaman anaman agung tidak memerlukan persyaratan yang khusus. sama halnya dengan tanaman yang lain agar tanaman jagung dapat tumbuh secara optimal tanah harus gembur, subur dan kaya humus/unsur hara.
b)  Tanah yang digunakan untuk budidaya jagung antara lain jenis tanah andosol (terbentuk dari  bebatuan gunung berapi), latosol, grumosol dan tanah berpasir. Dengan pengolahan lahan yang baik dan benar pada tanah betekstur berat (grumosol) bisa ditanami tanaman jagung denga perolehan hasil yang baik. Sedangkan jika tanah yang memiliki tekstur lempung/liat (latosol) berdebu adalah sangat terbaik untuk pertumbuhannya.
c)    Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung antara 5,6 - 7,5. Keasaman tanah memiliki hubungan yang erat dengan ketersediaan unsur-unsur hara dalam tanah.
d)     Tanaman jagung memerlukan media taman yang memiliki aerasi dan ketersediaan air tanah dalam kondisi baik dan cukup. Akan jelek apabila lahan tergenang.
e)     TKemiringan tanah yang baik untuk ditanami tanaman jagung kurang dari 8 %. Dengan kemiringan diatas 8 %  memiliki potensi erosi tanah sangat. Untuk mensiasati terjadinya erosi, daerah yang memiliki kemiringan lebih dari 8 %, sebaiknya dilakukan pembuatan teras dahulu.

3. Ketinggian Tempat
Tanaman jagung dapat di daerah Indonesia mulai dari dataran rendah sampai daerah pegunungan yang memiliki ketinggian tempat 1800 m dpl. Ketinggian lahan optimum untuk ditanami tanaman jagung antara 0-600 m dpl.

berikut merupakan penjelasan syarat tumbuh tanaman jagung yang harus petani ketahui. semoga dapat bermanfaat untuk para petani jagung di Indonesia pada umumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel