Cara Menyemai Dengan Media Polybag yang baik dan benar


Cara menyemai dengan media Polibag – Benih/kecambah/bibit yang disapih dapat tumbuh dan berkembang dengan baik bila ditempatkan dalam wadah dengan media tumbuh yang sesuai.

Penyiapan tempat media tumbuh (polibag)
Wadah (polybag) sebagai tempat tumbuhnya benih/kecambah yang disapih harus dipilih secara selektif. Berdasarkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk benih atay kecambah yang siap diletakan pada media polybag adalah sebagai berikut :
1.      Bahan yang dijadikan wadah cukup kuat dan ringan sehingga mudah untuk dipindah
2.  Ukuran wadah harus sesuai dengan pertumbuhan akar tanaman yang ditanam sehingga akan memberi keseimbangan antara tanaman dan wadah.
3.  Cukup baik untuk menampung perakaran tanaman agar tanaman tumbuh dan berkembang dengan optimal
4.      Mempunyai lubang pembuangan air.

Umumnya wadah (tempat media tumbuh) yang banyak digunakan dalam pembibitan adalah pot, kantong plastik, polibag, bak perkecambahan, bahkan dapat menggunakan daun pisang atau daun kelapa. Tempat media tumbuh yang umum digunakan dalam pembibitan adalah polibag/pot.

Polibag singkatan dari Poly Ethylin bag yang artinya kantong yang terbuat dari bahan plastik berwarna hitam. Ukuran polibag yang dapat dijumpai di pasaran berukuran mulai dari diameter 10 cm sampai dengan diameter 40 cm.

Setiap wadah/tempat yang digunakan sebagai media tumbuh harus dibuat lubang drainase. Lubang drainase sendiri mempunyai fungsi :
1.    Untuk mengalirkan kelebihan air yang ada di dalam media.
2.    Membantu mengatur suhu media tanam dalam wadah.
3.    Membantu mengatur aerasi pada media tumbuh yang berada didalam wadah.

Untuk membuat lubang drainase pada wadah media tanam, dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan pembolong kertas atau paku. Jumlah lubang yang harus disediakan disesuaikan dengan ukuran dari polibag, sehingga mampu berperan dalam mengalirkan kelebihan air yang ada didalam polibag.

Penyiapan Media
Media tumbuh yang baik akan menentukan keberhasilan dalam melakukan kegiatan pembibitan. Media pembibitan yang ada didalam polibag harus memenuhi persyaratan ttertentu. Syarat media yang baik untuk dijadikan media tumbuh adalah sebagai berikut :
1.    Bebas hama dan penyakit
2.    Gembur, volume dan bentuk relatif stabil
3.    Dapat menahan air dan udara dengan baik dalam jumlah sebanding dan mencukupi.
4.    Mudah melepaskan kelebihan air
5.    Aerasinya baik
6.    Cukup mengandung unsur hara.

Media tumbuh yang dapat digunakan dalam pembibitan berupa campuran antara tanah gembur, pasir dan pupuk ka ndang/kompos atau bisa media lainnya. Saat melakukan kegiatan pencampuran media dengan beberapa jenis media tumbuh harus memperhatikan kebutuhannya.
Misal :
1.     Untuk membuat media penyemaian benih/kecambah, bisa mencampur tanah, pasir, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 2 : 1. Maksud dari pencampuran media tanaman ini supaya memperoleh media tanam yang subur, gembur, dengan memiliki aerasinya tinggi.  Dengan media tanam yang subur, gembur, dengan memiliki aerasinya tinggi sehingga benih/kecambah yang disemai mudah tumbuh dan mudah dalam pemindahan hasil kecambah.
2.     Untuk media penyapihan bibit, kita dapat menggunakan campuran media tumbuh antara tanah, pasir dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Media tumbuh yang sudah terpilih kemudian dicampur rata. Untuk mendapatkan hasil campuran media tumbuh yang baik, media yang akan dicampur harus kering dan terhidar dari benih gulma, hama dan penyakit. Dalam melakukan pencampuran lebih baik dimulai dari media yang memiliki perbandingannya paling sedikit kemudian diikuti dengan media yang perbandingannya lebih banyak dan seterusnya.

Pengisian media dalam polibag
Media tumbuh yang diisikan ke dalam polibag dapat dilakukan dengan menggunakan sekop kecil. Adapun cara mengisi media dalam polibag melalui tahap-tahap sebagai berikut :
·         Polibag dilipat disesuaikan ukuran polibag sebanyak dua kali lipatan.
·     Media dimasukan ke dalam polybag sedikit demi sedikit sambil dipadatkan dengan hati-hati.
·          Pengisian media sampai batas ketinggian 90 % terisi wadah/polybag.

Polibag yang sudah terisi media, disimpan dalam tempat pembibitan dan ditata rapi sesuai dengan tempat yang telah ditentukan. Agar penataan polibag teratur maka dalam menata harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
·         Polibag ditata dalam posisi berdiri tegak
·          Jarak antar polibag harus rapat
·    Penataan polibag dikelompokkan dengan berbasis memanjang dan melabar lurus sesuai bentuk bedengan.

Berikut penjelasan sekilas tentang pembibitan didalam mediapolibag. semoga dapat membantu para pembaca blog pustaka petani. terima kasih. Salam pustaka petani.


0 Response to "Cara Menyemai Dengan Media Polybag yang baik dan benar"

Post a Comment

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel