JENIS JENIS LAHAN KRITIS DAN CARA MENGATASINYA

contoh lahan kritis, makalah lahan kritis, lahan kritis pdf, contoh lahan kritis di indonesia, ciri ciri lahan kritis, pengertian lahan kritis, faktor penyebab lahan kritis

Lahan kritis merupakah lahan yang kurang produktif lagi untuk kegiatan pertanian di sebabkan kondi fisik  maupun kimianya kurang baik. Kerusakan fisik maupun kimia ini disebabkan oleh pengolahan lahan yang tidak baik tanpa memperhatikan persyaratan konservasi. Disebut lahan kritis biasaya ada sejumlah unsur tanah yang kurang mendukung pemanfaatan untuk pertanian. Lahan kritis sendiri dapat digolongkan menjadi 4 golongan diantaranya adalah Lahan potensial kritis, Lahan semi kritis atau Lahan hampir kritis dan Lahan kritis
Pembagian/pengelompokan lahan kritis ini berdasarkan parameter tingkat erosi, kedalaman evektif tanah, tanaman penutup, topografi, dan tingkat kesuburan tanah.

Lahan potensial kritis
Yaitu tanah yang apabila ditanami tanaman pangan kurang produktif. Sehingga hasil budidaya pangan tersebut sedikit. Untuk mengantisipasi  atau untuk menangani lahan ini agar dapat dimanfaatkan yaitu dengan pengolahan lahan yang memperhatikan kaidah-kaidah konsevasi. Apabila tidak diperhatikan maka tingkat kritis lahan akan meningkat ke yang lebih parah.

Lahan semi kritis atau hampir kritis
Lahan semi kritis yaitu lahan bekas erosi. Dengan erosi maka humus di atas permukaan tanah hanyut ter bawa air sehingga lahan di tempat itu tandus. Dengan lahan seperti ini apabia dipaksakan untuk melakukan kegiatan budidaya maka akan hasil akan rendah.

Lahan kritis
Lahan kritis merupakan lahan yang kurang produktif sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai kegiatan bercocok tanam tanpa ada penanganan khusus seperti usaha-usaha rehabilitasi lebih dahulu pada lahan tersebut.

Lahan lahan yang kritis memiliki dampak yang sangat serius bagi masyarakat di sekelilingnya dalam hal pendapatan. Terlebuh lagi bagi masyarakat yang hidunya bergantung pada hasil bumi di sekitarnya, lahan lahan ini biasanya berada didaratan yang lapisan humusnya tipis atau tidak ada sama sekali akibat terbawa oleh air hujan yang mengalir di permukan tanah. Llahan yang memiliki masalah seperti ini harus dilahukan secara serius. Penanganan-penanganan yang bisa dilakukan untuk lahan seperti ini melalui upaya pola-pola pennganan sebagai berikut.
  • Pencegahan/konservasi, hal ini untuk peruppakan pencegahan bertambahnya lahan kritis melalui UU penyuluhan dan lain-lain.
  • Pemanfaatan, lahan kritis dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan dan pertanian transmigrasi.
  • Rehabilitasi yaitu dengan memperbaiki fisik maupun kimia tanah dan vegetasi sehingga produktifitas lahan memmbaik. Sehingga dapat mendukung kehidupan petani jangka panjang dengan melakukan penghijauan dan reboitasi.
unntuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh lahan kritis yaitu dengan menerapkan bercocok tanam menggunakan sisten konservasi dan rehabilitasi. dengan menerapakan pola-pola itu maka produktifitas lahan dapat bertambah.
      



    0 Response to "JENIS JENIS LAHAN KRITIS DAN CARA MENGATASINYA"

    Post a Comment

    kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel