CARA MENANAM KEILAN DI LAHAN TROPIS

budidaya kailan di polybag, budidaya kailan hidroponik, budidaya kailan organik, budidaya kailan pdf, budidaya baby kailan, benih kailan, syarat tumbuh kailan
Cara budidaya tanaman keilan memang sangat mudah. Sarat tumbuh tanaman keillan juga tidak sulit. tanaman keilain ini termasuk jenis tanaman sayuran baru di indonesia Oleh karena itu, masyarakat belum banyak yang membudidayakannya. Hal ini diperkuat dengan sedikitnya para penjual di pasar yang menjual tanaman keilan tersebut. maka ini menjad peluang usaha apabila tanaman ini dibudidayakan. untuk membudidayakan tanaman keilan perlu memperhatikan:
  1. syarat tumbuh tanaman keilan
  2. pemilihan bibit keilan yang baik 
  3. persiapan lahan yang baik,
  4. pemupukan yang sesuai, dan
  5. pemeliharaan yang baik pula.

Oleh karena itu, dari kelima aspek yang mempengaruhi ini mari kita bahas satu-persatu



1. Persemaian/ Pembibitan
Media persemaian/pembibitan tanaman keilan dibuat dari pupuk kandang dan tanah yang telah dihaluskan dengan perbandingan 1:1. Ketebalan media semai yaitu ± 7 cm dan telah disiram. Setelah media persemaian telah siap digunakan, maka ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Sebelum benih disebar, direndam dalam air hangat selama satu malam, atau dalam larutan Previcur N dengan konsentrasi 0,1% selama. ± 2 jam, 
  2. Benih yang mengapung dipisahkan dan dibuang.
  3. Kemudian yang tenggelam dikering dengan cara dianginkan. 
  4. Benih disebar secara merata pada bedengan persemaian yang diberi naungan.
  5. benik yang telah di tabur di media semai, kemudian di tutup dengan tanah media semai. dan atasnya ditutuk menggunakan karung goni atau daun pisang selama 2 - 3 hari. 
  6. Ketika 7–8 hari setelah semai, bibit kaelan dipindahkan ke bumbunan yang terbuat dari daun pisang. Bibit siap tanam di kebun setelah berumur ± 12 hari setelah pembumbunan.

2. Persiapan Lahan
Pengolahan lahan pada budidaya tanaman keilan dilakukan 3–4 minggu sebelum tanam. Pengolahan media tanam pada budidaya tanaman keilan ini meliputi:
  1. Pembersiahan gulma 
  2. pencangkulan (pembajakan) tanah, 
  3. pembersihan akar gulma dan sisa-sisa tanaman, 
  4. perataan permukaan lahan, 
  5. pembuatan bedengan atau guludan. 

Ukuran bedengan yang biasa digunakan adalah 0,5 cm x 6 m. akan tetapi panjang bedengan bias disesuaikan dengan keadaan lahan yang kan ditanami. Kedalaman pengolahan tanah direkomendasiak ±30 cm, 

3. Pengapuran
tanah yang memiliki pH rendah maka sangat dianjurkan proses engapuran untuk memperoleh pH maksima yaaitu 5 - 65, menggunakan Kaptan/Dolomit dengan dosis 1,5 ton/ha. Pengapuran dilakukan waktu pengolahan tanah yaitu 3–4 minggu sebelum tanam. Lebih baik lagi jika akan dilakukan pengapuran kita ukur dulu seberapa asam kah lahan yang akan di budidayakan. Maka kita akan menemukan dosis yang pas untuk dilakukan pengapuran.

4. Pemupukan
Pembudidayaan tanaman keilan ini sebaiknya dilakukan pemupukan dasar dilakukan ± 3 hari sebelum tanam dengan  ditaburkan secara merata di atas bedengan dan diaduk dengan tanah. karena keilan merupakan tanaman semusm yang membutuhkan banyak unsur N maka pupuk susulan yang harus diberikan yaitu pupuk Urea sebanyak 130 kg/ha diberikan  yaitu ± 2 minggu setelah tanam, dengan cara dibenamkan atau dicampur dengan air siraman.

5. Penanaman
jarak tanam pada penanaman yaitu sekitar 25 x 25 cm. Bibit yang siap di tanam kira-kira bibit yang sudah berumur 12 hari. kakan tetapi jarak tanam ini bergantung dengan keadaan perakaran dan tingkat kesuburan tajuk. Dengan jarak simetris maka sebaiknya arah bedengan membujur dari timur ke barat. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan sinar matahari yang mengenai daun tanaman keilan.

6. Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman keilan ini terdiri dari tiga kegiatan, diantaranya penyulaman, penyiangan, dan penyiraman.
  1. Penyulaman dilakukan jika ada tanaman yang mati atau pertumbuhannya apnormal paling lambat 1 minggu setelah tanam. 
  2. Penyiangan gulma dilakukan pada umur ± 2 minggu setelah tanam. Pada saat penyiangan ini kita harus hati-hari. Karena apabila akar terganggu, tanaman akan mudah stress. 
  3. Apabila tanaman dilakukan dimusim kemarau, perlu dilakukan penyiraman . Penyiraman dilakukan sejak awal penanaman sampai waktu panen.
budidaya kailan di polybag, budidaya kailan hidroponik, budidaya kailan organik, budidaya kailan pdf, budidaya baby kailan, benih kailan, syarat tumbuh kailan

0 Response to "CARA MENANAM KEILAN DI LAHAN TROPIS"

Post a Comment

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel