Sejarah Ikan Lele di Indonesia Dan Dunia

sejarah lele | jejarak ikan lele di indonesia | sejarah ika lele dunia | klasifikasi ika lele | klasifikasi lele



sejarah ikan lele di idonesia dan dunia -- Lele (catfish) merupakan ikan tanpa sisik Benua Afrika dan Asia yang dapat ditemukan di perairan tawar. Ikan lele dinamakan karena mempunyai sejumlah kumis yang cukup panjang, mirip kumis yang dimiliki kucing.



Karena di Indonesia banyak memiliki suku bangsa maka di setiap daerah ikan lele memiliki nama tersendiri didaerah/suku-suku di indonesia . Dan di negara lain menyebutnya dengan nama; Mali (Afrika), Plamond (Thailand), Keli (Malaysia), Gura Magura (Srilangka), Ca Tre Trang (Jepang). Dalam bahasa Inggris di sebut Catfish, Siluroid, Mudfish, dan Walking Cat Fish.



Di Indonesia ikan lele mempunyai beberapa nama daerah, antara lain:
Ikan Kalang (Padang)
Ikan Maut (Gayo Aceh)
Ikan Pintet (Kalimantang Selatan)
Ikan Keling (Makasar)
Ikan Cepi (Bugis)
Ikan lele atau lindi (Jawa Tengah)
(wikipedia, 2018)

beikut merupakan klasifikasi ikan lele
Klasifikasi Ikan Lele
Filum        : Chordata
Kelas         : Actinopterygi
Ordo         :Ostariophysi
Famili      : Claridae
Genus      : Clarias
Spesies    : Clarias Sp


perairan tawar di Indonesia meliputi perairan umum (sungai, waduk dan rawa), sawah (mina padi), dan kolam dengan total luas lahan 605.990 hektar. Perairan umum seluas 141.690 hektar, sawah (mina padi) seluas 88.500 hektar, dan perairan kolam seluas 375.800 hektar (Anonim, 1994). Indonesia sendiri hanya mampu memproduksi 6,7 juta ton ikan/tahun. Hal ini tentu saja masih jauh di bawah produksi dunia yang mencapai 100 juta ton per tahun. Ketersediaan sumberdaya perairan yang luas dan sumber daya manusia merupakan modal dasar untuk meningkatkan dan mengembangkan produksi ikan  lele di Indonesia dan sampai tahun 2010 produksi ikan lele mencapai 242.811 ton (Petunjuk Teknis Budidaya Lele di Kolam Terpal, 2012)

Dan didaerah daerah lain ama ikan lele ini ya di sebut ikan lele. Apa lagi daerah tersebut banyak di tinggali oleh masyarakat suku jawa yag datang melalui program transmigrasi pemerintah.

Ikan lele merupakan sejenis ikan yang bisa dibudidayakan oleh semua orang. Budidaya ikan air tawar yang menghasilkan keuntungan untuk lele ini bisa Anda jadikan sebagai referensi. Ikan lele merupakan sejenis ikan air tawar dengan dagingnya yang bertekstur lunak, berharga murah dan durinya yang sedikit.

ikan lele termasuk jenis ikan dari air tawar yang begitu efisien ketika dibudidayakan. Perbadigan bisa antara untung dan pakan 1,5 : 1, artinya 1 kg ikan lele yaitu hanya mmbutuhkan pakan 6 ons sampai ikan lele siap di konsumsi. Hal itu berarti bahwa untuk pemberian paka ikan sebanyak 100 kg setiap panen hanya menghabiskan paka 60 Kg.

sekarang banyak warung makan yang menunya pasti ada yag namanya lele goreng, lele sambal atau lele santan. Kebanyakan orang Indonesia tidak menolak untuk mengonsumsi ikan lele (apalagi geratis) karena rasanya yang tidak kalah dengan ikan lain dan murah. Inilah yang membuat daya tarik dan minat para konsumen di idonesia. Dengan hal ini maka peluag usaha di bidang budidaya ikan lele peluangnya sangat besar dan sangat menjanjikan ketika melihat data data di atas.

sejarah lele | jejarak ikan lele di indonesia | sejarah ika lele dunia | klasifikasi ika lele | klasifikasi lele

0 Response to "Sejarah Ikan Lele di Indonesia Dan Dunia"

Post a Comment

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel