cara merawat bibit karat

persiapan BIBIT KARET YANG BENAR
      
      A.   PENYEMAIAN
Tempat penyemaian karet sebaiknya dibuatkan bedengan degan
Setelah biji sudah melalui tahap pemilahan maka kegatan selanjutnya yaitu kegiatan penyemaian. Penyemaian ini dilakukan untuk memuhahkan kita saat untuk melakukan pemindahan biji yang sudah tunas dan yang belum. Pemindahan yang baik dilakukan untuk tanaman karet yaitu ketika tunas kecambah belum berumur 3 mminggi atau daun kecambah belum terlihat. Hal ini menhindari rusaknya kecambah pada saat dilakukan pencongkelan di lahan pendederan. Ketika sudah mucul daun maka akan mudah layu da mati. Maka pemindahan sebaiknya dilakukan sebelum perkecambah berumur 2 minggu. Ketika melakukan pemindahan maka diperhatikan tuas tumbak yang akan menjadi akar tunggang. Macam macam akar tunggang yang ada pada tanaman karet ada lima jenis dantaranya adalahakar bedenggol, lurus, bercabang, bermentuk kursi, dan tunfnggang mutir.
ketika melakukan pencungkilan harus diperhatikan benar-benar jangan sampai tunas tumbak tersenggol yang bisa menakibatkan bengkok atau patah. Waktu pemindahan persemaian sebaiknya sebelum pukul 09.00 WIB dan setelah pukul 16.00 WIB.
Persiapan bibit yang ada pada perkebunan karet ada dua cara yaitu persemaian di lahan dan persemaan di polibag. 

1.       PERSEMAIAN DI LAPANGAN
Persemaian di laha memang mudah dan tdak memerluakan banyak biaya. Akan tetapi harus memperhatikan lahan yang akan dijadikan tempat persemaan. Lahan yang akan dijadikan lahan persemaian harus memenuhi syarat sebagai berikut yaitu lahan harus memiliki lapisan topsoil yang tebal, tidak memiliki riwayat tanah permah terkenya patogen dan penyakit, memiliki drainase yang baik, dan tidak mudah longsor/erosi. untuk menyemai dilahan kita harus membuat bedengan bedengan untuk memudahkan dalam melakukan perawatan. Bedengan yang baik untuk dibuat adalah bedengan harus memiliki saluran pembuangan air primer dengan lebar 40 – 50 cm. saluran ini juga bisa digunakan untuk jalan kotrol. Saluran sekunder dengan lebar 30 cm. bedengan pdisini tidak perlu diberi naugan karena disni bibit atau batang bawak akan di okulasi. Untuk tanaman yang d tanam didalam bedengan berjarak 20 -30 cm kali 15 – 25 cm. setalah batang bawah siap maka langsung diokulasi kemudian dipindah kepolibag. Hal ni beertujuan untuk memudahkan dalam pengangkutan kelahan. Dan untuk mengurangi resiko kematian pada lahan terbuka.

2.       PERSEMAIAN DI KANTON PLASTIK

Persemaian dalam polibag adalah persemaan yang dilakukan langsung di dalam polibag. Tanah yang di masukan kedalam polibag adalah tanah yang gembur, memiliki unsur hara yang cukup, dan memiliki drainase yang baik. Untuk menyediakan unsur hara dalam jumlah cukup polibag yang dgunakan berukuran 25 x 56 cm. akan tetapi saat ni yang paling banyak digunakan unntuk pembbitan ni adalah polibag yang berukuran 10 x 20 cm atau 15 x 25 cm. ini ang nyebabkan perakaran bibit tidak sempurna.  Jarak antar baris yaitu 30 cm dan dalam baris 20 cm. untuk memudahkan perawatan maka jarak antar bedengan adalah 75 cm. jarak 75 cm di berikan pada barisan setelah ada dua baris kolibag. 

cara membuat bibit karat

0 Response to "cara merawat bibit karat "

Post a Comment

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel