13 MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI JAGUNG UNTUK KESEHARAN

Jagung (Corn) ini merupakan salah satu jenis makanan pokok manusia di dunia bagi penduduk-penduduk di Amerika Tengah dan Selatan. di Indonesia masyarakat sekitar Jawa Timur dan Madura, jagung dijadikan makanan pokok bagi penduduknya, karena kandungan karbohidratnya yang mempu menggantikan manfaat nasi. Beberapa mineral penting juga sangat kaya pada jagung. Selain itu pengolahan jagung juga sebenarnya sangat baik, karena jagung sangat nikmat apabila dibakar ataupun direbus, tanpa minyak dan bebas kolesterol. Banyak manfaat jagung yang akan kita peroleh dengan mengkonsumsi jagung. Mulailah untuk mempertimbangkan jagung untuk makanan pokok.
Selain sebagai makanan pokok manusia, Jagung juga dijadikan sebagai bahan pakan ternak yang penting, sebagai minyak makan, tepung maizena bahkan pada industri-industri kimia dan kosmetika serta farmasi. Jagung biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan resep masakan. Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal budidaya jagung sudah banyak dilakukan sehingga jagung bisa dengan mudah didapatkan. Biasanya jagung memang hanya dijadikan sebagai bagian campuran dalam sup. Jagung yang agak tua dapat diolah menjadi popcorn yang nikmat. Tapi memang dibalik rasanya yang enak, jagung sangat baik dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan tubuh.
Jagung merupakan tanaman pangan yang masih sekeluarga dengan rerumputan ini pada awalnya berasal Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan diberbagai negara sebagai komoditas yang penting bagi kehidupan manusia. Jagung dapat dikonsumsi dengan banyak cara seperti dengan cara merebus, memanggang (bakar) ataupun diolah menjadi tepung jagung, sirup jagung dan sereal jagung.

A.    Kandungan Gizi Jagung
Biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tabel dibawah  ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada biji Jagung pada setiap 100 gramnya.
Jenis Nutrisi / Gizi
Kandungan
AKG%
Kalori
96 kcal
Karbohidrat
21g
Air
73%
Protein
3,4g
Gula
4,5g
Serat
2,4g
Lemak
1,5g
Vitamin A
13µg
1%
Vitamin C
5,5mg
6%
Vitamin D
0µg
Vitamin E
0,09mg
1%
Vitamin K
0,4µg
0%
Vitamin B1 (Thiamine)
0,09mg
8%
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,06mg
4%
Vitamin B3 (Niacin)
1,68mg
11%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0,79mg
16%
Vitamin B6 (Pyridoxine)
0,14mg
11%
Vitamin B9 (Folat)
23µg
6%
Vitamin B12
0µg
Kalsium
3mg
0%
Zat Besi
0,45mg
6%
Magnesium
26mg
7%
Fosfor
77mg
11%
Potassium (Kalium)
218mg
5%
Sodium
1mg
0%
Seng (Zinc)
0,62mg
6%
 Sumber: http://ilmupengetahuanumum.com

      baca juga cara budidaya jagung manis
B. MANFAAT TANAMAN JAGUNG
Beberapa manfaat jagung selain sebagai sumber karbohidrat namun sangat mengandung nutrisi yang mampu mengatasi permasalahan kesehatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Mengurangi resiko wasir
Kandungan serat dari satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini juga dapatmengurangi kemungkinan diare.
2. Sumber Vitamin
Jagung kaya akan manfaat vitamin b, khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis yang umumnya diamati pada orang kekurangan gizi. Jagung merupakan sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi yang cacat tabung saraf. Biji jagung kaya akan manfaat vitamin E, sebagai antioksidan alami yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perlindungan tubuh.
3. Kaya Mineral
Jagung mengandung mineral yang melimpah dan menguntungkan tubuh. Fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga juga banyak ditemukan di semua varietas jagung. Jagung juga mengandung mineral seperti selenium, yang sulit ditemukan dalam bahan makanan lain. Fosfor sangat penting untuk mengatur pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi ginjal yang optimal. Magnesium diperlukan untuk menjaga detak jantung normal dan meningkatkan kekuatan tulang.
4. Sifat Antioksidan
Menurut studi yang dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, tidak seperti banyak makanan lain, memasak makanan dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam jagung manis. Manfaat antioksidan telah terbukti mengurangi kanker karena kemampuan mereka untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker, sementara sel-sel sehat tidak terpengaruh. Hal tersebut sangat relevan ketika phytochemical adalah sumber antioksidan, yaitu bahan kimia yang tinggi dalam jagung.
5. Melindungi Jantung
Menurut peneliti, minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Minyak jagung, khususnya, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan ini berasal dari fakta bahwa jagung dekat kombinasi asam lemak yang optimal. Hal ini memungkinkan asam lemak omega-3 untuk menanggalkan yang merusak kolesterol “jahat” dan menggantinya di situs mengikat. Ini akan mengurangi kemungkinan arteri menjadi tersumbat, akan mengurangi tekanan darah, dan mengurangi perubahan serangan jantung dan stroke.
6. Mencegah Anemia
Vitamin B12 dan asam folat hadir dalam jagung, untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Jagung juga memiliki tingkat zat besi yang signifikan dan merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia juga.
7. Menurunkan Kolesterol LDL
Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh Hati (liver) dan pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol HDL yang sering disebut dengan kolesterol baik dan kolesterol LDL yang sering disebut dengan kolesterol jahat. Kolesterol LDL (jahat) meningkat karena asupan makanan lemak yang menyebabkan lemahnya fungsi hati  dan menyebabkan penyakit Kardiovaskular. Jagung yang kaya dengan Vitamin C, Karotenoid, Bioflavonoid dapat menjaga kesehatan jantung kita dengan mengendalikan kadar kolesterol dan memperlancar aliran darah dalam tubuh kita. Minyak Jagung mengandung Antiatherogenic yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan menangkal radikal bebas.

8. Mengontrol Diabetes dan Hipertensi
Makan buah-buahan yang lebih organik dan sayuran seperti jagung, telah dianggap berkaitan dengan penurunan tanda-tanda diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Fitokimia dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, yang dapat mengurangi kemungkinan pasien untuk membantu  mempertahankan gaya hidup yang lebih normal.

9. Mencegah Penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara. Jagung mengandung Vitamin B1 atau Thiamine yang dapat memegang peranan penting agar otak dapat bekerja dengan normal sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

10. Meningkatkan Kesehatan Mata
Kernel atau tekstur biji jagung yang berwarna kuning mengandung zat Karotenoid yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula yaitu penurunan penglihatan di pusat garis mata. Beta Karoten membantu dalam memproduksi Vitamin A sehingga mendukung penglihatan menjadi lebih baik.

11. Memperlancar Sistem Pencernaan
Jagung merupakan makanan yang mengandung serat yang tinggi baik serat yang larut dalam lemak maupun serat yang tidak larut dalam lemak. Serat yang larut dalam lemak dapat membantu dalam memblokir penyerapan kolesterol sedangkan serat yang tidak larut dalam lemak dapat mencegah sembelit dan masalah usus lainnya dengan melunakkan tinja sehingga dapat dengan mudah bergerak dalam usus. Dengan demikian, kandungan serat yang tidak larut dalam lemak (insoluble fiber) dapat mencegah permasalahan di sistem pencernaan tubuh kita seperti sembelit, wasir dan kanker usus besar. Meskipun Jagung mengandung kedua jenis serat, namun kandungan serat tidak larut dalam lemak lebih tinggi daripada kandungan serat yang larut dalam lemak.

12. Mencegah Penyakit Kanker
Beberapa penelitian menunjukan bahwa antioksidan yang terdapat pada jagung dapat mencegah penyakit kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, biji-bijian ini merupakan sumber senyawa tumbuhan seperti senyawa fenolik dan asam ferulik yang dapat mencegah tumor di payudara dan hati.

13. Merawat Kesehatan Kulit
Kuning Jagung merupakan sumber beto-karoten yang membentuk Vitamin A yaitu Vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C dan Likopen merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit yang dikarenakan oleh radiasi UV. Kuning Jagung juga dapat meningkatkan produksi Kalogen yang dapat membantu pemeliharan kulit menjadi halus (https://www.chengwin.com).
Kandungan Gizi Jagung per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat Jagung bagi kesehatan ini diolah dari berbagai sumber.



jagung | manfaat jagung | kandungan jagung | kegunaan jagung | khasiat jagung | jagung manis

0 Response to "13 MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI JAGUNG UNTUK KESEHARAN"

Post a Comment

kami berharap kritik dan saran. pembaca untuk meningkatkan web ini menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel